Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Belanja Online Mahasiswa Univesitas Sebelas Maret
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan lingkungan sosial terhadap perilaku konsumsi belanja online mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa aktif Universitas Sebelas Maret program Strata-1 dan Vokasi tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 30.219 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 395 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa: Perilaku Konsumsi Belanja Online Mahasiswa Universitas Sebelas Maret menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan yang telah dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 220,732 atau lebih besar dari Ftabel 3,01. Nilai probabilitas signifikasi dari variabel Literasi Keuangan adalah 0,000 atau < 0,05. Literasi Keuangan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 8,115 atau lebih besar dari ttabel 8,115 > 1,966. Nilai probabilitas signifikasi dari variabel Lingkungan Sosial adalah 0,000 atau < 0,05. Lingkungan Sosial menunjukkan pengaruh positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 8,205 atau lebih besar dari ttabel 8,205 > 1,966Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.