Implementasi Sistem Analytic Hierarchy Process (AHP) Dalam Pemanfaatan Dana BOS SMK

Baedhowi Baedhowi, Salman Alfarisy Totalia, Budi Wahyono

Abstract

Pada umumnya SMK belum bisa mengoptimalkan pemanfaatan dana BOS yang diberikan oleh pemerintah. Selama ini, dana BOS SMK banyak digunakan untuk membeli bahan habis pakai dan sasaran lain yang dirasa mudah dalam pertanggungjawabannya (Baedhowi, dkk, 2017). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil implementasi sistem Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana BOS SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menggali informasi lapangan tentang berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pemanfaatan dana BOS di SMK. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga prioritas utama pemanfaatan dana BOS SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang berdasarkan sistem AHP yang diisi oleh tim manajemen BOS adalah untuk membiayai pengembangan sekolah rujukan, peningkatan mutu proses pembelajaran dan pengelolaan satuan pendidikan.

Keywords

Analytic Hierarchy Process (AHP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Full Text:

XML

References

Baedhowi; Martono, Trisno; Wardani, D. K; Totalia, S. A.; Laksono, P. W; Triyanto; Octoria, Dini. (2017) Effectiveness of School Operational Support Funds to Quality Of Students Learning Process and Outcomes in Vocational High School. Advanced Science Letters Vol.23, 524-527, 2017.

Baedhowi; Totalia, S.A.; Triyanto; Wahyono, B.; Nugraheni, P.D.; Haryani, T.; Herdyka, M. (2016) Optimalisasi Pemanfaatan Dana BOS SMK dengan Menggunakan Teknik Analytics Hierarchy Process (AHP). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud.

Baedhowi; Triyanto; Totalia, S. A. (2016) Model Pendampingan Pelaksanaan BOS Dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pembelajaran SMK Muhammadiyah. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud.

Lee, S. (2015) Determination of Priority Weights under Multiattribute Decision-Making Situations: AHP versus Fuzzy AHP. Journal of Construction Engineering and Management Volume 141, Issue 2, 1 February 2015.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.