ANALISIS DISKRIMINAN PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Dede Rusmana, Sri Wahyuni, Budi Wahyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor marketing mix (7P) yang mempengaruhi perbedaan kepuasan siswa terhadap pemasaran jasa pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 yaitu kelas X, XI, dan XII. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis proportional stratified random sampling. Analisis data yang digunakan analisis diskriminan dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan rata-rata antara dua kategori kepuasan siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Kedua, Faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan kepuasan siswa terhadap bauran pemasaran jasa pendidikan SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar adalah variabel product, promotion, physical evidence, dan people. Ketiga, model diskriminan yang terbentuk dari keempat variabel tersebut adalah Z score = -7,359 + 0,215 x1 + 0,062 x2 - 0,056 x3 + 0,060 x4, sedangkan ketepatan hasil klarifikasi dari model diskriminan tersebut adalah 72,8%. Pihak sekolah perlu memperhatikan keempat variabel tersebut untuk meningkatkan kepuasan siswa

Kata kunci : kepuasan siswa, marketing mix (7P), analisis diskriminan.

Full Text:

PDF

References

Alma, B. & Hurriyati, R. (Eds.). (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Benua, D.C., Tewal, B., & Sumarauw, J. (2015). The Influence Service Marketing Mix to Satisfaction of Students At Charity High School Tomohon. Jurnal EMBA, 3 (2) 487-498.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemdikbud. Statistik Sekolah Menengah Atas 2015/2016. 23 November 2016. Publikasi.data.kemdikbud.go. id.

Kotler, P., Keller, K.L. (2008).

Manajemen Pemasasetiadiran: Edisi ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lin, S.M. (2011). Marketing Mix (7P) and Performance Assessment of Western Fast Food Industry in Taiwan: An Application by Associating DEMATEL and AND. African Journal of Business Management, 5 (26) 10634- 10644.

Lovelock, C., Wirtz, J., Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. & Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa: Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Pemkab Karanganyar. Statistik PPDB Karanganyar 2016. 17 November 2016.

https://karanganyar.siap- ppdb.com/.

Sari, M. (2015). Pengaruh Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Lottemart dengan Aksesibilitas sebagai Variabel Moderator, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4 (10) 1-15.

Setiadi, N.J. (2013). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: ALFABETA.

Taher, T.H. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Layanan Jasa Pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Palangkaraya. Jurnal Sains Manajemen, 2 (2) 1-11.

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.