Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pisang Cavendish Merek Sunpride di Pasar Swalayan Kota Jakarta Selatan

Arda Govar Parsaoran Rajagukguk, Endang Siti Rahayu, Heru Irianto

Abstract


Buah pisang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi. Produk pisang cavendish merek sunpride merupakan produk yang menjadi pilihan utama bagi konsumen dalam melakukan pembelian buah pisang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh elemen-elemen brand equity yang meliputi brand awareness, perceived quality, brand associations, dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian pisang cavendish merek sunpride di Pasar Swalayan Kota Jakarta Selatan. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling berdasarkan pertimbangan karena masyarakat Kota Jakarta Selatan yang memiliki gaya hidup konsumtif dan modern serta pengeluaran untuk konsumsi termasuk yang paling tinggi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Alat bantu yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan elemen dari brand equity secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pisang cavendish merek sunpride di Kota Jakarta Selatan. Brand association merupakan elemen yang paling dominan terhadap keputusan pembelian pisang cavendish merek sunpride di Pasar Swalayan Kota Jakarta Selatan.


Keywords


Brand Equity, Keputusan Pembelian, Sunpride, Pasar Swalayan

Full Text:

PDF
rticle

References


Alhudzaifah, A. I., Anwar, A., & Maryati, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Buah-Buahan Pada Skala Rumah Tangga di Kota Mataram. JURNAL AGRIMANSION, 22(2), 134–148. https://doi.org/10.29303/agrimansion.v22i2.621

Annisa, A. I., Supardi, S., & Irianto, H. (2017). Analisis Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Sari Buah Dalam Kemasan di Supermarket Kota Surakarta (Kasus Pada Sari Buah Dalam Kemasan Merek Buavita). AGRISTA, 5(3), 255–267. https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/31160

BPS Indonesia. (2021a). Persentase Tenaga Kerja Informal Sektor Pertanian (Persen), 2018-2020. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3MSMy/persentase-tenaga-kerja-informal-sektor-pertanian.html

BPS Indonesia. (2021b). Rata-rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Buah-Buahan Per Kabupaten/kota (Satuan Komoditas), 2018-2020.

BPS Provinsi DKI Jakarta. (2023). Rata-rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Makanan dan Bukan Makanan di Daerah Perkotaan Menurut Kabupaten/Kota (rupiah), 2020-2022. https://jakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTM2IzI=/rata-rata-pengeluaran-per-kapita-sebulan-makanan-dan-bukan-makanan-di-daerah-perkotaan-menurut-kabupaten-kota-rupiah-.html

Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (XX). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, kevin lane. (2012). Manajemen Pemasaran ed. Ketiga Belas (Jilid 2 Terjemahan). Erlangga.

Kurniasih, D., Sudarta, W., & Parining, N. (2017). Hubungan antara Karakteristik Petani dengan Motivasinya dalam Membudidayakan Tanaman Tebu (Kasus Kelompok Tani Dewi Ratih 1, Desa Maospati, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan). E-Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 6(4), 523–532. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JAA.2017.v06.i04.p07

Lisa, H., Chairhany, S., Napratilora, M., Syahid, A., & Ilyas, M. (2020). Analisis brand equity terhadap keputusan pembelian (studi kasus coffee toffee Surabaya). Journal of Business and Banking, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.1862

Nurfadilah, T., & Hutauruk, B. M. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone di Kota Karawang. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(3), 499–506. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.40066

Octaaviyah, L. (2019). Brand Awareness dan Perceived Quality Sebagai Penentu Keputusan Pembelian Ikan Kaleng Mackarel Abc (Studi di Wilayah Kota Surabaya Timur). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4), 1087–1094. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/29860

Sekaran, U. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Research Methods for Business) (Edisi 4). Salemba Empat.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survei. LP3S.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

World Health Organization. (2023). Increasing fruit and vegetable consumption to reduce the risk of noncommunicable diseases. https://www.who.int/tools/elena/interventions/fruit-vegetables-ncds




DOI: https://doi.org/10.20961/agrisema.v3i2.91334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arda Govar Parsaoran Rajagukguk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


AGRISEMA
Online ISSN: 2961-8320
Website: https://jurnal.uns.ac.id/agrisema
Email: agrisema@mail.uns.ac.id 
Published by: Faculty of Agriculture, Universitas Sebelas Maret
Address: Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License