PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 3 LANGKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di MTs Negeri 3 Langkat pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain nonequivalent posttest-only control group. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII dengan total 304 siswa. Sampel penelitian adalah dua kelas, masing-masing terdiri dari 30 siswa, yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa 5 soal esai. Pengumpulan data dilakukan melalui pengujian validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 62,25, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 45. Berdasarkan hasil uji hipotesis, thitung > ttabel (4,6 > 1,671) pada taraf signifikansi 5%, yang menunjukkan pendekatan Open-Ended efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan Open-Ended sebagai strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdisty, M. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 120–127.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basir, F. (2018). Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP. Pedagogy, 3(1), 148–155.
Gunawan, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa SMP/MTs. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniri.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Karim, & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah Dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertai Dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.
Miyanto. (2012). Matematika 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nuryadi, et al. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–197.
Refbacks
- There are currently no refbacks.