ANALISIS BENTUK-BENTUK KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 SURAKARTA
Abstract
Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam mempelajari materi transformasi geometri pada mata pelajaran matematika lanjut kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Surakarta pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam membuat bentuk aljabar, kesulitan memahami subbab refleksi dan rotasi, kesulitan memahami materi yang disampaikan, kesulitan dalam kegiatan diskusi dalam kelompok, merasa penyampaian materi terlalu cepat, kurangnya motivasi diri, dan kesulitan dalam menemukan bentuk umum atau rumus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bogdan & Taylor. (2012). Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026
Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1), 18–30.
Pratama, I. D., Mushafanah, Q., & Purnamasari, V. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Penyajian Data Siswa Sekolah Dasar. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 128-134. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i2.544
Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Journal on Teacher Education (Jote), 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.