IMPLEMENTASI GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI MTsN 4 MAGELANG

Divani Dzakia Arsy, Triyanto Triyanto, Yemi Kuswardi

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat besar pada berbagai bidang kehidupan. Salah satu bidang yang terdampak adalah bidang pendidikan. Sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) No 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa Covid-19 dilakukan secara jarak jauh atau dikenal sebagai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pelaksanaan PJJ memiliki pengaruh, salah satunya dalam perancangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam merancang PJJ di masa pandemi untuk mata pelajaran matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus dengan mengumpulkan informasi terkait bagaimana guru matematika merancang pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di MTsN 4 Magelang dengan melakukan wawancara disertai angket yang diberikan kepada guru matematika di MTsN 4 Magelang. Sampel penelitian ini adalah guru matematika di MTsN 4 Magelang dengan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, serta dokumen. Validasi data diperoleh dari triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah secara keseluruhan guru matematika di MTsN 4 Magelang menentukan tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator dalam merancang PJJ matematika akan tetapi guru tidak menganalisis karakteristik peserta didik dan lingkungan secara keseluruhan. Guru menentukan strategi pembelajaran, mengembangkan materi pembelajaran, dan juga menyusun instrumen penilaian pembelajaran matematika sesuai dengan indikator dalam merancang PJJ matematika

Keywords

COVID-19, implementasi, matematika, merancang PJJ

Full Text:

PDF

References

Yuki, K., Fujiogi, M., & Koutsogiannaki, S. (2020). COVID-19 pathophysiology: A review. Clinical immunology, 108427. Diperoleh 8 November 2020, dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7169933/.

World Health Organization. (2020). “WHO Director-General’s Opening Remarks at the Mission Briefing on COVID-19-12 March 2020”, dalam https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020, diakses 8 November 2020.

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. (2020). “COVID-19 Educational Disruption and Response”, dalam https://en.unesco.org/news/covid-19-educational-disruption-and-response, diakses 8 November 2020.

Brooks, S.K., Smith, L.E., Webster, R.K., Weston, D., Woodland, L., Hall, I., & Rubin, G.J. (2020). The Impact of Unplanned School Closure on Children’s Social Contact: Rapid Evidence Review. Euro Surveill, 25(13), 2-3. Diperoleh 14 November 2020, dari https://www.eurosurveillance.org/content/10.2807/1560-7917.ES.2020.25.13.2000188.

Moore, M.G., & Kearsley, G. (2011). “Distance education: A System View of Online Learning. Cengage Learning”, dalam https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/00131911.2020.1766204, diakses 20 November 2020.

Suendarti, M., & Lestari, W. (2020). Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Guru MIPA dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Science, 12(2), 43 – 48.

Katamwatiningsih, S.S. (2020). Analisis Hasil PJJ Penyusunan RPP dengan Evaluasi Model CIPP di Balai Diklat Keagamaan Semarang. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(4), 70-76.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan Pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13-22.

Ditjen GTK. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rice L, Barth J.M., Guadagno R.E, Smith G.P.A., & McCallum D.M. (2013). The Role of Social Support in Student’s Perceived Abilities and Attitudes Towards Math and Science. Journal of Youth and Adolescence, 42(7), 1028-1040. Diperoleh 13 September 2021, dari https://doi.org/10.1007/s10964-012-9801-8

Ober, T.M., Coggins, M.R., Reboucas-Ju, D., Suzuki, H., & Cheng, Y. (2021). Effect of Teacher Support on Student’s Math Attitudes: Measurement and Moderation of Student’s Background Characteristics. Contemporary Educational Psychology, 21(3), 33-34. Diperoleh 13 September 2021, dari https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2021.101988

Stojanovic, J., Petkovic, D., Alarifi, I. M., Cao, Y., Denic, N., Ilic, J., Izadeh H.A., Resic, S., Petkovic, B., Khan, A., & Milickovic, M. (2021). Application of Distance Learning in Mathematics Through Adaptive Neuro-Fuzzy Learning Method. Computers & Electrical Engineering, 93(2), 3-4. Diperoleh 13 September 2021, dari https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107270

Ricu Sidiq. (2016). Pemanfaatan WhatsApp Group Dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila Pada Era Disrupsi. 5(1), 1451-54.

Manullang, M.M.M. (2016). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(2), 208-214.

Musdalifa, M., Ramdani, R., & Danial, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kikia dan Pendidikan Kimia, 21(1), 59-69

Suhadi, Triyanto, Mafruhah, I., Susantiningrum, & Suryani, N. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kebiasaan Baru. Jakarta: Direktorat PAUD, DIKDAS, dan DIKMEN Kemendikbud RI

Wicaksono, A.B., & Saufi, M. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pedidikan Matematika, 9(1), 10-11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.