ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DITINJAU DARI UMPAN BALIK (FEEDBACK) SISWA KELAS VII SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Akhyana Nurul Baiti, Sutopo Sutopo, Ira Kurniawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep materi bangun datar segiempat pada siswa dengan umpan balik tinggi, sedang, dan rendah. Pemahaman konsep yang dimaksud meliputi pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah enam siswa dengan rincian dua siswa dari kategori umpan balik tinggi, dua siswa dari kategori umpan balik sedang, dan dua siswa dari kategori umpan balik rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) metode angket untuk mengelompokan subjek ke dalam kategori umpan balik tinggi, sedang, dan rendah, dan 2) metode wawancara berbasis tugas untuk mengetahui pemahaman konsep dari subjek terpilih, baik berupa pemahaman instrumental maupun pemahaman relasional. Teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data dilakukan menggunakan triangulasi waktu dengan membandingkan hasil dari wawancara berbasis tugas I dan II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) subjek dengan umpan balik tinggi sudah mampu mencapai keseluruhan indikator pemahaman instrumental dan empat indikator pemahaman relasional 2) subjek pertama dengan umpan balik sedang sudah mampu mencapai tiga indikator pemahaman instrumental dan satu indikator pemahaman relasional. Sedangkan subjek kedua dengan umpan balik sedang sudah mampu mencapai empat indikator pemahaman instrumental dan satu indikator pemahaman relasional 3) subjek dengan umpan balik rendah hanya mampu mencapai satu indikator pemahaman instrumental dan belum mampu mencapai satupun indikator dari pemahaman relasional.

Full Text:

PDF

References

Putra, H.D., Setiawan, H., Nurdiyanti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. JPPM, 11(1), 19-30.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.

Nadjib, A. (2014). Analisis Kesalahan Pemahaman dalam Materi Segiempat Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Jurnal Pepatuzdu, 8(1), 14-23.

Pitaloka, Y.D. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2),1-8.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 127-133.

Andamon, J.C. (2018). Conceptual Understanding, Attitude and Performance in Mathematics of Grade 7 Students. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(8), 96-105.

Idris, N. (2009). Enhancing Students’ Understanding in Calculus Trough Writing. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(1), 37-39.

Djamarah, S.B. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kiswanto, Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Geometri Ditinjau dari Kepribadian Sensing dan Intuition pada Siswa Kelas IX SMPN 33 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 42-58.

Aningsih & Asih, T.S.N. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa pada Model Concept Attaintment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 217-224.

Herawati, O.D.P, Siroj, R., & Basir, H.M.D. (2010). Pengaruh pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.