EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (IMWK) PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH BLIMBING SUKOHARJO

Fauzan Shiddiq Rahmandika, Ikrar Pramudya, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik antara model pembelajaran STAD dengan strateg IMWK dan model pembelajaran langsung ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental semu dengan menggunakan desain faktorial 2 3. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan diperoleh dua kelas, yaitu kelas VIIIE dan VIIIF. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dilanjutkan dengan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran STAD dengan strategi IMWK menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung; (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik serta siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik; (3) pada masing-masing gaya belajar, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi IMWK menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung; (4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik serta siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Full Text:

XML PDF

References

Limbourg, Peter. (2017). “Ranking Pendidikan Negara-negara ASEAN”, dalam https://www.dw.com/id/rangking-pendidikan-negara-negara-asean/g-37594464, diakses 3 November 2018

Saputri, N. Y., Putri, R. I. I., dan Santoso, B. (2016). Desain Pembela-jaran Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring Lingkaran Menggunakan Pemodelan Martabak. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, Hal. 566-578, Surakarta: 16 November 2016.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Majoka, M.I, dkk. (2010). Student Team Achievement Division (STAD) as An Active Learning Strategy: Empirical Evidence from Mathematics Classroom. Journal of Education and Sociology, ISSN: 2078-032X, 16-20.

Diperoleh 6 November 2019, dari https://www.academia.edu/9677734/STUDENT_TEAM_ACHIEVEMENT_DIVISION_STAD_AS_AN_ACTIVE_LEARNING_STRATEGY_EMPIRICAL_EVIDENCE_FROM_MATHEMATICS_CLASSROOM

Balfakih, N. M. A. (2013). The effectiveness of student team achievement division (STAD) for teaching high school chemistry in the United Arab Emirates. Journal of Science Education, 25 (5), 605-624.

Padak, Nancy D. (2015). Inquiring Minds Want to Know: Learning Throug Group Inquiry. Middle School Journal, 19 (3), 16-18.

Purbo, Y. (2012). Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know Berbantuan Multimedia Pada Pelajaran Budidaya Rumput Laut. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3), 379-396.

Winkel. W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Heritin, A., dkk. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Tipe NHT dan TPS Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(6), 641-653.

Sembiring, R. dan Situmorang, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 127-140.

Sutama dan Anggitasari, B. (2018). Gaya dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMK. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(1), 52-61.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.