ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMP (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 5 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019)

Ulfah Nailatussa’adah, Budi Usodo, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dengan kecerdasan spasial tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 5 Boyolali dan mengetahui faktor penyebab kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan tes diagnostik materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII F, 2 subjek dengan kecerdasan spasial tinggi, 2 subjek dengan kecerdasan spasial sedang, dan 2 subjek dengan kecerdasan spasial rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara berbasis tugas untuk mendapatkan data kesulitan dan penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu dengan membandingkan hasil wawancara 1 dan hasil wawancara 2. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Siswa dengan kecerdasan spasial tinggi mengalami kesulitan: (1) menentukan strategi dan (2) melakukan prosedur matematik. Siswa dengan kecerdasan spasial sedang mengalami kesulitan: (1) menerjemahkan masalah ke dalam model matematika, (2) menentukan strategi, dan (3) melakukan prosedur matematik. Siswa dengan [...]

Keywords

analisis kesulitan, bangun ruang sisi datar, kecerdasan spasial, penyebab kesulitan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.