Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Himpunan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (Penelitian dilakukan di Kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Himpunan kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Himpunan kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Indikator kinerja penelitian ini adalah setidaknya 60% siswa mendapatkan skor 2 pada setiap indikator pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Himpunan kelas VII F SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Keywords
References
Arends, R.I. (2008). Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Terj. Helly Prajitno S dkk. New York : McGraw Hill Companies.
As’ari, A.R., Muhammad, T., Erik, V., Zainul, I., & Ibnu, T. (2016). Matematika: buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hamzah, A., & Muhlisraini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.