Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Metode Trade A (TAP) Problem pada Pokok Bahasan Trigonometri ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam 1 Surakarta

Wahyu Kurniawan, Sutopo Sutopo, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; model pembelajaran yang meng-hasilkan prestasi yang lebih baik, model MMP dengan TAP atau langsung; siswa yang prestasinya lebih baik antara siswa kreativitas tinggi, sedang, atau rendah; siswa yang prestasinya lebih baik, siswa kreativitas tinggi, sedang, atau rendah pada kedua model; pada setiap kreativitas belajar, yang prestasinya lebih baik yang diberikan model MMP dengan TAP atau langsung. Penelitian ini penelitian eksperimental semu. Populasinya siswa kelas X SMA Islam 1 Surakarta. Pengambilan sampel melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama, dilanjutkan uji komparasi ganda. Persyaratan analisisnya populasi berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian ini diperoleh; model MMP dengan TAP menghasilkan prestasi lebih baik daripada langsung; pada kedua model, siswa dengan kreativitas lebih tinggi memiliki prestasi lebih baik; pada setiap kreativitas belajar, model MMP dengan TAP menghasilkan prestasi lebih baik daripada langsung.

Keywords

model Missouri Mathematics Project; Trade a Problem; kreativitas belajar; trigonometri

Full Text:

PDF

References

Krismanto, (2003). Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matema-tika. PPPG Matematika. Yog-yakarta.

Lestari, S. (2011). Eksperimen-tasi Model Pembelajaran Pene-muan Terbimbing (Guided Discovery) dan Missouri Mathe-

matics Project (MMP) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Di SMK Kabupaten Klaten. Surakarta : UNS Press.

Munandar, U. (1999). Mengem-bangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Pargiyo. (2000). Telaah Kuri-kulum Matematik. Surakarta: UNS Press.

Rezeki, Setyawan, dan Amelia. 2018. The Influance of Missouri Mathematics Project on Seventh Grade Student’ Mathematical Understanding Abillity. Journal of Physics. 948(1): 1-6

Spancer, K. (1994). Cooperative Learning. San Juan Capistrano: Kagan Cooperative Learning. Spancer, K. (1994). Cooperative Learning. San Juan Capistrano: Kagan Cooperative Learning.

Suprijono, A. (2010). Coopera-tive Learning–Teori dan Apli-kasi Paikem. Yogyakarta: Pus-taka Belajar.

Widyawati, N. (2017). Applying Missouri Mathematics Project Model in Enhancing Math Learning Outcomes. Interna-tional Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR). 5(1): 15-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.