PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 14 SURAKARTA

Rose Hakai, Mardiyana Mardiyana, Ira Kurniawati

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Negeri 14 Surakarta kelas VIII F tahun ajaran 2015/2016 pada materi SPLDV dan mengetahui bagaimana penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Negeri 14 Surakarta kelas VIII F tahun ajaran 2015/2016. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran dan data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk mengumpulkan data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode observasi, sedangkan untuk data kemampuan pemecahan masalah dengan metode tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 60% dari jumlah total siswa mencapai skor kemampuan pemecahan masalah lebih dari atau sama dengan 8 untuk setiap soal. Berdasarkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Problem Solving persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari 17,65% pada prasiklus menjadi 38,24% pada siklus I dan menjadi 67,65% pada siklus II[...]

Keywords

STAD, Problem Solving, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.