Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Bela Sofiana Lenterawati, Ikrar Pramudya, Yemi Kuswardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui jenis kesalahan berdasarkan tahapan kastolan siswa gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, random konkret, dan random abstrak dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dan faktor yang menyebabkan kesalahan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMPN 19 Surakarta yang berjumlah 10 subjek. Prosedur pemilihan subjek mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Angket yang diberikan adalah angket gaya berpikir. Tes berbentuk soal uraian. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan berdasarkan tahapan Kastolan yang dilakukan siswa gaya berpikir sekuensial konkret pada tipe pemahaman adalah konsep dan prosedural. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah teknik dan prosedural. Jenis kesalahan pada tipe analisis adalah prosedural. Jenis kesalahan tahapan Kastolan siswa gaya berpikir Sekuensial Abstrak pada tipe pemahaman adalah konsep dan prosedural. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah konsep dan prosedural. Kesalahan pada tipe analisis adalah prosedural dan teknik. Jenis kesalahan tahapan Kastolan siswa gaya gaya berpikir Random Konkret pada tipe pemahaman adalah konsep, prosedural, dan teknik. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah konsep dan prosedural. Jenis kesalahan pada tipe analisis adalah konsep, prosedural dan teknik. Jenis kesalahan tahapan Kastolan siswa gaya gaya berpikir Random Abstrak pada tipe pemahaman adalah prosedural. Jenis kesalahan pada tipe penerapan adalah prosedural. Jenis kesalahan pada tipe analisis adalah prosedural dan teknik.

Keywords

soal cerita; sistem persamaan linear dua variabel; gaya berpikir; jenis kesalahan tahap Kastolan

Full Text:

PDF

References

Khanifah. M. N., dkk. (2011). Analisis

Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bilangan Bulat dan Scaffoldingnya, dalam http://jurnal-online.um.ac.id/-data/artikel/artikelA4650C08AACA81 8138F08D3FD673B783.pdf, diakses 5 Februari 2019.

Khair, M. S., dkk. (2018). Kesalahan Konsep dan Prosedur Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Persamaan Ditijau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan, 3(5), 620-633. Diperoleh

September 2019, dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp /article/view/11074/5325

Lufia, L. (2019). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan

PemberianScaffoldingDalam

Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 1(3), 396-404. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari https://jonedu.org/index.php/joe/articl e/download/179/149/.

Mahmud, H. (2012). Psikologi

Pendidikan. Bandung: CV Pustaka

Setia.

Nasrudin, R. T. (2017). Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus dan Balok di MTS Negeri

Sukoharjo, dalam http://eprints.ums.ac.id/53585/1/Naska

h%20Publikasi.pdf, diakses 25 Agustus 2019.

Sahriah. S. dkk. (2012). Analisis

Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Online UM.

Sholikhin, A. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, dalam http://eprints.ums.-ac.id/64588/13/NASKAH%20PUBLI KASI.pdf

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indoensia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyaningsih, A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan

Dalam Pemecahan Masalah Matematika, dalam http://seminar.-uny.ac.id/semnasmatematika/sites/sem inar.uny.ac.id.semnasmatematika/files /full/M-19.pdf, diakses 25 Agustus 2019.

Terrance, P. O. (2014). Cognitive Styles and Academic Achievement in

Community College Education. Community College Journal, 18(6), 547-546. Diperoleh 19 Agustus 2019 dari https://www.tandfonline.com/doi-/abs/10.1080/1066892940180604.

Terry,M.(2014).Translating

Learning Style Theory into Developmental Education Practice: An Article Based on Gregorc's Cognitive Learning Styles. Journal of Collage Reading and Learning, 32(2), 154-176. Diperoleh pada 13 Februari 2019 dari https://www.tandfonline.-com/doi/abs/10.1080/10790195.2002. 1085029.

Tung, Y. K. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.

Wijaya, A. A. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menye-lesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Mathedunesa, 2(1), 1-7. Diperoleh 19 Agustus 2019, dari https://jurnalmaha-siswa.unesa.ac.id/index.php/mathedun esa/article/view/1453/pdf.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.