Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi trigonometri yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berasal dari kelas X SMK N 1 Surakarta dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua subjek dari gaya belajar visual, dua subjek dari gaya belajar auditorial dan dua subjek dari gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Uji validitas data dengan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis data meliputi tiga kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) siswa tipe visual memiliki kemampuan koneksi matematis dalam aspek satu topik matematika, antar topik matematika dan dalam konteks kehidupan sehari-hari; 2) siswa tipe auditorial kurang mampu dalam mengaitkan konsep matematika dalam aspek satu topik namun mampu dalam mengaitkan konsep matematika antar topik dan dalam konteks kehidupan sehari-hari; 3) siswa tipe kinestetik kurang mampu mengaitkan konsep matematika dalam aspek satu topik namun mampu dalam mengaitkan konsep matematika antar topik dan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Keywords
References
Aisyah, S. N. (2017). “Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X pada Model Pembelajaran REACT”, dalam https://lib.unnes.ac.id/32123/, diakses 20 Maret 2019.
Haji, S. dkk. (2017). Developing
Students’ Ability Of Mathematical
Connection Through Using Outdoor
Mathematics Learning. Infinity Journal of Mathematics Education, 6(1), 11-20. Diperoleh 19 Agustus
, dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/ infinity/article/view/234.
Hendriana, dkk. (2014).
Mathematical Connection Ability and
Self-Confidence (An experiment on
Junior High School students through
Contextual Teaching and learning
with Mathematical Manipulative).
International Journal of Education,
(1), 1-11. Diperoleh 19 Agustus
, dari
https://www.learntechlib.org/p/20894 7/.
Jannah, dkk. (2019). Analysis the Ability of Mathematic Connection With Cooperative Learning Model Thinking Pair Share and Thinking Pair Square. Mathematics Education Journals, 3(1), 9-16. Diperoleh 19
Agustus 2019, dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/ MEJ/article/view/8415/pdf.
Kenedi, dkk. (2019). Mathematical Connection Of Elementary School Students To Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80. Diperoleh 19
Agustus 2019, dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/j me/article/view/5416/pdf.
Latif, S. & Akib, I. (2016). Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based on Initial Abilities of Students at SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2). 207-217. Diperoleh
Agustus 2019, dari https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view /2899/pdf_38.
Maria, dkk. (2018). The Analysis Of
Students’ Mathematical Connection
Ability And Responsibility In Two Stay Two Stray Learning With Problem Cards. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 210-
Diperoleh 19 Agustus 2019, dari
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/ujme/article/view/26964/12692.
National Council Of Teachers Of
Mathematics (NCTM). (2000). Principles And Standards Schools Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.
Pribadi, B. A. (2011). Model Assure
untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.
Rahmawati, D., Budiyono, & Saputro.
(2019). Journal of Physics: Conference Series, 1211(1), 1-8. Diperoleh 20 Agustus 2019, dari https://iopscience.iop.org/article/10.10 88/1742-6596/1211/1/012107.
Rosalina, N. R., Sutawidjaja, A., &
Sudirman. (2016). “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas X
PadaMateriPerbandingan
Trigonometri” dalam https://www.academia.edu/34478365/
KEMAMPUAN_KONEKSI_MATEMA TIS_SISWA_KELAS_X_PADA_MATE RI_PERBANDINGAN_TRIGONOME TRI.pdf, diakses 15 Februari 2019.
Setiawan, F., Suyitno, H., & Susilo, B. (2017). Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 152-162. Diperoleh 19 Agustus
, dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/ujme/article/view/13135.
Widyawati, Santi. (2016). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro. Institut Agama Islam
Ma’arif (IAIM) NU Metro. 1(1):18-20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.