Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika UNS Tahun Ajaran 2018/2019 Ditinjau dari Disposisi Matematika

Faizah Azzahra, Ponco Sujatmiko, Yemi Kuswardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik literasi matematika mahasiswa calon gu-ru pada disposisi matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskrip-tif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNS se-mester 6 ke atas. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga dipilih tiga mahasiswa calon guru, yakni satu calon guru dari masing-masing tingkatan disposisi matematika. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara berbasis tugas dan angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil pe-nelitian menunjukkan terdapat perbedaan literasi matematika berdasarkan tingkatan disposisi matema-tika, meskipun perbedaan tersebut tidak siginifikan. Calon guru dengan disposisi matematika tinggi menunjukkan perilaku terampil yang mengindikasikan literasi matematika pada sebagian besar kon-teks soal yang diujikan. Perilaku literasi matematika yang dimaksud adalah mampu memahami kon-teks, menguasai konten matematis, dan melakukan proses matematis. Meskipun demikian, terdapat beberapa perilaku dalam proses matematis yang tidak disertai penjelasan. Calon guru dengan disposisi matematika sedang, menunjukkan perilaku terampil yang mengindikasikan literasi matematika hanya pada sebagian konteks soal yang diujikan. Calon guru mampu memahami garis besar maksud soal, menguasai beberapa konsep matematis, dan melakukan proses matematis. Namun dalam proses mate-matis, calon guru tidak menyertakan argumen dan penalaran penerapan ide matematis. Selain itu, ca-lon guru melakukan beberapa kesalahan penafsiran. Calon guru dengan disposisi matematika rendah hanya menunjukkan satu perilaku terampil yang mengindikasikan literasi matematika, yaitu mengu-asai beberapa konten matematis. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi disposisi matematika, semakin tinggi pula literasi matematika calon guru.

Keywords

calon guru; disposisi matematika; literasi matematika; mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Yore, L. D., Pimm, D., & Tuan H. L. (2007). The Literacy Component of Mathematical and Scientific Litera-cy. International Journal of Scien-ce and Mathematics Education 5, 559-589.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2009). Ex-ecutive Summary Principles and Standards for School Mathematics. Diperoleh pada 3 Oktober 2018, dari https://www.nctm.org/Standar ds-and-Positions/Principles-and-Standards/.

Anwar, N. T., Waluya, S. B., & Supri-yadi. (2018). Abilities of Mathema-tical Literacy Based on Self-Confi-dence in Problem Based Learning with DAPIC Problem-Solving Pro-cess. Unnes Journal of Mathematic Education Research 7 (2) 152-160. Diperoleh pada 4 Oktober 2018 da-ri https://journal.unnes.ac.id/sju/in dex.php/ujmer/issue/view/1337.

Wulandari, E. R. (2009). Analisis ke-salahan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan statistika pada sis- wa kelas XI semester 1 MAN Ka-ranganom Klaten tahun ajaran 2009 / 2010. Diperoleh dari http://digilib .uns.ac.id.

Kementrian Pendidikan dan Kebudaya-an (Kemendikbud) (2016, 6 De-sember). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Pe-ningkatan. Republik Indonesia: Kemendikbud. Diperoleh dari https ://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-pening katan.

Jackson, A., Kiersz, A., & Business In sider US. (2016: 6 Desember). The latest ranking of top countries in math, reading, and science is out-and the US didn’t crack the top 10. Business Insider Singapore. Dipero leh pada 19 juli 2019 dari https:// www.businessinsider.sg/pisa-world wide-ranking-of-math-science-read ing-skills-2016-12/?r=US&IR=T.

Lott, J. W. (2003). Quantitative Liter-acy: Why Numeracy Matters for Schools and colleges. United States of America: The National Council on Education and the Disciplines. Diperoleh pada 7 Oktober 2018 da-ri https://www.maa.org/sites/defau lt/files/pdf/QL/WhyNumeracyMatters.pdf.

Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Lampiran Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional Republik Indone-sia tentang Standar Kualifikasi A-kademik dan Kompetensi Guru. Di-peroleh pada 21 Juli 2019 dari http s://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2012/01/nomor-16-tahun-2007-dan-lampiran.pdf.

Djadir, Minggi, I., Ja’faruddin, Zaki, A., & Sahlan. (2017). Sumber Be-lajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Matema-tika. Kemendikbud. Diperoleh pada 21 juli 2019 dari https://sertifikasi .fkip.uns.ac.id/file_public/2017/MODUL%202017/Matematika/BAB-11-sejarah-filsafat-dan-perancang an-pembelajaran.pdf.

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. Paris: OECD Publi-cations. Diperoleh dari https:// www.oecd-ilibrary.org/docserver/9 789264266490-en.pdf?expires=156 3643927&id=id&accname=guest&checksum=A89BA309A0931FED6545B79A29BDF6C7.

OECD. (2013). PISA 2015 Draft Ma-thematics Framework. Paris : OECD Publications. Diperoleh pa-da 18 Agustus 2018 dari https:// www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%202015%20Mathematics%20Framework%20.pdf.

Ristanti, F. (2017). Kemampuan Ber-pikir Krritis ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Purwokerto. Journal of Mathema-tics Education 3(2)November 2017. Diperoleh pada 19 juli 2019 dari ht tp://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/2753/2022&ved=2ahUKEwjwj7yHssDjAhVM6Y8KHfcIBIEQFjANegQIAhAB&usg=AOvVaw0E6phGB3QEHGq0gJGy6C-g.

Wardanny, G. S., Yohannie, D. D. & Widodo, S. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di-tinjau dari Disposisi matematis sis-wa SMPN 3 Kediri pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2016 / 2017. Simki-techsain 1(8):1-7. Di-peroleh pada 19 juli 2019 dari https ://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/f2a3eda44acea07130ba7605c674a8fd.pdf&ved=2ahUKEwjcqorZr8DjAhVTWisKHVzPDNYQFjACegQIARAB&usg=AOvVaw26IL8vWYf587Ddj4Gg_zzD.

Sunendar. (2016). Mengembangkan Disposisi Matematik Melalui Mo-del Pembelajaran Kontekstual. Jur-nal THEOREMS (the original Re-search of Mathematics) Vol. 1 No. 1 Edisi Juli 2016 hal 1-9. Dipero-leh dari https://jurnal.unma.ac.id/in dex.php/th/article/viewFile/297/277.

Code, W., Merchant, S., Maciejewski, W., Thomas, M., & Lo, J. (2016). The Mathematics Attitudes and Perceptions Survey:an instrumet to assess expert-like views and dispo-sitions among undergraduate ma-thematics students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology (IJME-ST). Diperoleh pada 21 Juli 2019 dari https://www.researchgate.net/ publication/292188678_The_Mathematics_Attitudes_and_Perceptions_Survey_an_instrument_to_assess_expert-like_views_and_dispositio ns_among_undergraduate_mathematics_students

Refbacks

  • There are currently no refbacks.