Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika UNS Tahun Ajaran 2018/2019 Ditinjau dari Disposisi Matematika
Abstract
Keywords
References
Yore, L. D., Pimm, D., & Tuan H. L. (2007). The Literacy Component of Mathematical and Scientific Litera-cy. International Journal of Scien-ce and Mathematics Education 5, 559-589.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2009). Ex-ecutive Summary Principles and Standards for School Mathematics. Diperoleh pada 3 Oktober 2018, dari https://www.nctm.org/Standar ds-and-Positions/Principles-and-Standards/.
Anwar, N. T., Waluya, S. B., & Supri-yadi. (2018). Abilities of Mathema-tical Literacy Based on Self-Confi-dence in Problem Based Learning with DAPIC Problem-Solving Pro-cess. Unnes Journal of Mathematic Education Research 7 (2) 152-160. Diperoleh pada 4 Oktober 2018 da-ri https://journal.unnes.ac.id/sju/in dex.php/ujmer/issue/view/1337.
Wulandari, E. R. (2009). Analisis ke-salahan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan statistika pada sis- wa kelas XI semester 1 MAN Ka-ranganom Klaten tahun ajaran 2009 / 2010. Diperoleh dari http://digilib .uns.ac.id.
Kementrian Pendidikan dan Kebudaya-an (Kemendikbud) (2016, 6 De-sember). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Pe-ningkatan. Republik Indonesia: Kemendikbud. Diperoleh dari https ://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-pening katan.
Jackson, A., Kiersz, A., & Business In sider US. (2016: 6 Desember). The latest ranking of top countries in math, reading, and science is out-and the US didn’t crack the top 10. Business Insider Singapore. Dipero leh pada 19 juli 2019 dari https:// www.businessinsider.sg/pisa-world wide-ranking-of-math-science-read ing-skills-2016-12/?r=US&IR=T.
Lott, J. W. (2003). Quantitative Liter-acy: Why Numeracy Matters for Schools and colleges. United States of America: The National Council on Education and the Disciplines. Diperoleh pada 7 Oktober 2018 da-ri https://www.maa.org/sites/defau lt/files/pdf/QL/WhyNumeracyMatters.pdf.
Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Lampiran Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional Republik Indone-sia tentang Standar Kualifikasi A-kademik dan Kompetensi Guru. Di-peroleh pada 21 Juli 2019 dari http s://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2012/01/nomor-16-tahun-2007-dan-lampiran.pdf.
Djadir, Minggi, I., Ja’faruddin, Zaki, A., & Sahlan. (2017). Sumber Be-lajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Matema-tika. Kemendikbud. Diperoleh pada 21 juli 2019 dari https://sertifikasi .fkip.uns.ac.id/file_public/2017/MODUL%202017/Matematika/BAB-11-sejarah-filsafat-dan-perancang an-pembelajaran.pdf.
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. Paris: OECD Publi-cations. Diperoleh dari https:// www.oecd-ilibrary.org/docserver/9 789264266490-en.pdf?expires=156 3643927&id=id&accname=guest&checksum=A89BA309A0931FED6545B79A29BDF6C7.
OECD. (2013). PISA 2015 Draft Ma-thematics Framework. Paris : OECD Publications. Diperoleh pa-da 18 Agustus 2018 dari https:// www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%202015%20Mathematics%20Framework%20.pdf.
Ristanti, F. (2017). Kemampuan Ber-pikir Krritis ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Purwokerto. Journal of Mathema-tics Education 3(2)November 2017. Diperoleh pada 19 juli 2019 dari ht tp://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/2753/2022&ved=2ahUKEwjwj7yHssDjAhVM6Y8KHfcIBIEQFjANegQIAhAB&usg=AOvVaw0E6phGB3QEHGq0gJGy6C-g.
Wardanny, G. S., Yohannie, D. D. & Widodo, S. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di-tinjau dari Disposisi matematis sis-wa SMPN 3 Kediri pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2016 / 2017. Simki-techsain 1(8):1-7. Di-peroleh pada 19 juli 2019 dari https ://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/f2a3eda44acea07130ba7605c674a8fd.pdf&ved=2ahUKEwjcqorZr8DjAhVTWisKHVzPDNYQFjACegQIARAB&usg=AOvVaw26IL8vWYf587Ddj4Gg_zzD.
Sunendar. (2016). Mengembangkan Disposisi Matematik Melalui Mo-del Pembelajaran Kontekstual. Jur-nal THEOREMS (the original Re-search of Mathematics) Vol. 1 No. 1 Edisi Juli 2016 hal 1-9. Dipero-leh dari https://jurnal.unma.ac.id/in dex.php/th/article/viewFile/297/277.
Code, W., Merchant, S., Maciejewski, W., Thomas, M., & Lo, J. (2016). The Mathematics Attitudes and Perceptions Survey:an instrumet to assess expert-like views and dispo-sitions among undergraduate ma-thematics students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology (IJME-ST). Diperoleh pada 21 Juli 2019 dari https://www.researchgate.net/ publication/292188678_The_Mathematics_Attitudes_and_Perceptions_Survey_an_instrument_to_assess_expert-like_views_and_dispositio ns_among_undergraduate_mathematics_students
Refbacks
- There are currently no refbacks.