Analisis Kemampuan Menulis Matematis Siswa Kelas VII SMP Al Irsyad Surakarta Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Tegak

Ana Andriyani, Sutopo Sutopo, Dwi Maryono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) kemampuan menulis matematis siswa dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi tegak (2) faktor- faktor yang mempengaruhi kemampuan  menulis matematis siswa dalam mengerjakan soal matematika yang berhubungan dengan geometri khususnya pada pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi tegak.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observesi, tes, dan wawancara. Observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis siswa.. Tes digunakan untuk mendapatkan data kemampuan menulis matematis siswa. Berdasarkan hasil tes 1 ada tiga kelompok siswa berdasar indikator kemampuan menulis. Pada setiap kelompok diambil satu subjek penelitian untuk kemudian diberi tes II dan diwawancara. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling Snow Ball yang memungkinkan peneliti mengambil sampel tambahan untuk kelengkapan data sehingga pada akhirnya terdapat empat subjek penelitian Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara tak terstruktur. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data  yang digunakan adalah triangulasi data yakni triangulasi waktu dan sumber.

 

Keywords

kemampuan menulis metematis; luas permukaan; volume

Full Text:

PDF

References

Armiati. (2009). Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Emosi. (online). Diperoleh 6 Januari 2012 dari eprints.uny.ac.id/7030/1/P16-Armiati.pdf‎

Aryani, K. (2002). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Pembelajaran dengan Strategi Writing from a Promt and Writing in Performance Task pada Siswa SMP. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Milles, M. dan Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wahyudin.(2008). Kurikulum, Pembelajaran, dan Evaluasi. Jakarta: IPA Abong

Refbacks

  • There are currently no refbacks.