Penerapan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dengan Bantuan Kartu Permasalahan sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Positif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 14 Surakarta

Ellisa Putri Zelvianesti, Budi Usodo, Getut Pramesti

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran TAPPS dengan bantuan kartu permasalahan yang dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 14 Surakarta,mengetahui apakah penerapan  metode pembelajaran TAPPS dengan bantuan kartu permasalahan dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan untuk mengetahui peningkatan sikap positif siswa terhadap matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran TAPPS dengan bantuan kartu permasalahan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data sikap positif siswa terhadap matematika dan data hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Data sikap positif siswa menyangkut 7 aspek, yaitu siswa memperhatikan,mengajukanpertanyaan, mengerjakan LKK, berpartisipasi aktif dalam diskusi, mencatat,bersedia maju kedepan, dan menyimpulkan hasil diskusi. Sedangkan untuk data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, data yang dikumpulkan menyangkut 4 aspek, yaitu memahami, merencanakan, melaksanakan rencana, dan menafsirkan solusi masalah. Berdasarkan pembelajaran tersebut, rata-rata persentase sikap positif siswa mengalami peningkatan dari 32,6% pada kegiatan pra siklus menjadi 61,16% pada siklus I dan kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,45%. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari 37,5% pada kegiatan pra siklus menjadi 62,5% pada siklus I dan kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,125%.

Keywords

TAPPS; Kartu permasalahan; sikap positif; kemampuan pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF

References

Pate, M.L & Miller, G. 2011. Effects of Think Aloud Pair Problem Solving on Secondary-Level Students Performance in Career and Technical Education Courses.Journal of Agricultural Education Volume 52, Number 1: 120-131

Pate, M.L., Wardlow, G.W., & Johnson, D.M. . (2004) . Effects of Thinking Aloud Pair Problem Solving on The Troubleshooting Performance of Undergraduate Agriculture Students in A Power Technology Course (Versi Elektronik). Journal of Agricultural Education, 45 (4), 1-11. Diperoleh 10 April 2013, dari http://www.jae-online.org/attachments/article/295/45-04-001.pdf

Johnson, D.W., Johnson, R.T., and Smith, K.A. 1998. Active Learning:Cooperation in the college classroom. Edina, MN: Interaction Book Company.

Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta: Diva Press

Arikunto, S.,Suhardjono, & Supardi. (2007) .Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.