Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment (PISA) pada Konten Perubahan dan Hubungan Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakar

Dina Fakhriyana, Mardiyana Mardiyana, Dyah Ratri Aryuna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Program Khusus yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui snowball sampling dan didasarkan pada tingkat kecerdasan logis matematis siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek yang dipilih untuk penelitian ini adalah 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi, 3 siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah dan wawancara berbasis tugas. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajikan data, dan penarikan simpulan. 

Keywords

PISA; Kecerdasan Logis Matematis

Full Text:

PDF

References

Armstrong, T. 2013. Kecerdasan Multipel di dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Hayat, B dan Yusuf, S. 2010. Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

OECD. 2009. The PISA 2009 Assessment Framework: Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: OECD.

______. 2013. PISA 2015 Draft Mathematics Framework. Paris: OECD.

Shiel, G, Perkins, R, Close, S, dan Oldham, E. 2007. PISA Mathematics: A Teacher’s Guide. Dublin: The Stationery Office.

Maryanti, E. 2012. Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Metagocnitive Guidance. Tesis pada Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Moleong, L. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn into Everyday Use? Journal of Mathematics Education, Education for All, June 2011, Vol.4, No. 1, pp.89-100. Diperoleh 3 Januari 2016, dari http://educationforatoz.com/images/8.Bobby_Ojose_--_Mathematics_Literacy_Are_We_Able_To_Put_The_Mathematics_We_Learn_Into_Everyday_Use.pdf.

Wardhani, S dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Yilmazer, G, dan Masal, M. 2014. The Relationship between Secondary School Students’ Arithmetic Performance and their Mathematical Literacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152: 619 – 623. Diperoleh 14 Desember 2015, ERPA International Congress on Education, ERPA Congress 2014, 6-8 June 2014, Istanbul, Turkey, dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814053208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.