PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI ARIAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Shabrina Lini Khansa, Ikrar Pramudya, Yemi Kuswardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi ARIAS pada kegiatan pembelajaran materi relasi dan fungsi kelas VIII A SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 70% siswa motivasinya berada dalam kategori tinggi dan 70% siswa minimal mencapai level 2 untuk setiap indikator pemahaman konsep matematika siswa. Pada siklus II, hasil observasi motivasi berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 83,87%. Berdasarkan hasil tes siklus II diperoleh bahwa persentase siswa dengan pemahaman konsep matematika minimal telah mencapai level 2 pada indikator menyatakan ulang suatu konsep sebesar 70,97%. Untuk indikator mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) sebesar 74,42%. Untuk indikator memberi contoh dan non contoh suatu konsep sebesar 77,42%. Untuk indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representatif matematis sebesar 80,64%. Untuk indikator mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep sebesar 74,20%. Untuk indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 70,97%. Untuk indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah sebesar 70,96%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi ARIAS pada materi relasi dan fungsi dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa

Keywords

discovery learning, ARIAS, pemahaman konsep, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References

In’am, Akhsanul & Siti Hajar. (2017). Learning Geometry Through Discovery Learning Using a Scientific Approach. Inter-national Journal of Instruction, 10(1), 57.

Martaida, Tota, Nurdin Bukit, dan Eva Marlina Ginting. (2017). The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. Journal of Research & Method in Education, 7(6), 2.

Kistian, Agus, Dian Armanto, dan Ajat Sudrajat. (2017). The Effect Of Discovery Learning Method On The Math Learning Of The V SDN 18 Students Of Banda Aceh, Indonesia. British Journal of Education, 5(11), 1.

Kementerian Pendidikan dan Ke-budayaan. (2013). Model Pem-belajaran Penemuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasio-nal.

Wardana, Ludi Wishnu, Edoh, dan Gleydis Harwida. (2017). Implementation of Collaborative Learning Model Thinking Pair Share (TPS) and ARIAS to Im-prove Student Learning Results in Entrepreneurship Subjects. International Journal of Aca-demic Research in Business and Social Sciences, 7(7), 2.

Rahman, M. & Amri, S. (2014). Mo-del Pembelajaran ARIAS Terin-tegratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Saminan, Hamid, Tarmizi, & Nafilah Risha. (2017). The Imple-mentation of ARIAS Learning Model Integrated with Con-structivist Theory to Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Peuradeun: The International Journal of Social Sciences, 5(2), 215.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2010). Penelitian Tin-dakan Kelas. Jakarta: Bumi Ak-sara.

Lexy J. Moleong. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Barbara, F.Y. dan R.T. Hariastuti. (2011). Meningkatkan Parti-sipasi Siswa Mengikuti Layanan Informasi Melalui Penggunaan Media Permainan. Jurnal Psi-kologi Pendidikan dan Bim-bingan, 12 (2), 1-13.

Wardhani, Sri. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Mate-matika SMP/MTs untuk Opti-malisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pember-dayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.