ANALISIS GABUNGAN STRATEGI MEMILIH NOTASI YANG TEPAT DAN MEMBENTUK MASALAH YANG SETARA DALAM MENENTUKAN SISA PEMBAGIAN

Indah Wahyu Rachmawati, Rubono Setiawan

Abstract

Materi teori bilangan khususnya menentukan sisa pembagian dari suatu bilangan merupakan masalah matematika yang sering muncul dalam soal olimpiade matematika SMP baik dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. Bilangan yang dimaksud berupa bilangan berpangkat maupun bilangan yang tidak diketahui nilainya, yang biasanya disimbolkan dengan suatu variabel. Untuk menentukan sisa pembagian dari suatu bilangan tentu dibutuhkan suatu strategi untuk menyelesaikannya. Terdapat beberapa macam strategi yang dapat digunakan, dalam penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap penggunaan strategi memilih notasi yang tepat dan membentuk masalah yang setara untuk memecahkan masalah menentukan sisa pembagian. Penggunaan kedua strategi tersebut dilakukan dengan menerapkan strategi memilih notasi yang tepat terlebih dahulu baru kemudian membentuk masalah yang setara berdasarkan notasi yang telah ditetapkan. Selain penggunaan kedua strategi tersebut, pemecahan masalah matematika tersebut disajikan menggunakan langkah Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali.

Keywords

notasi, masalah setara, sisa pembagian, langkah Polya

Full Text:

PDF

References

Burton, D. M. (2007). Elementary Number Theory. New York: McGraw-Hill.

Farikhin. (2010). Mari Berpikir Matematis: Panduan Olimpiade Sains Nasional SMP. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hartono, Y. (ed.) (2014). Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Larson, L. (1983). Problem-Solving Through Problems. New York: Springer Verlag.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukino. (2007). Matematika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga. Tim Pustaka Cerdas. (2016). Siap Jadi Juara OSN SMP. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Umar, W. (2016). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Versi George Polya dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Kalamatika, 1(1), 59-70.

Astuti, K.M.D., & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Menyederhanakan Masalah Serupa dan Sudut Pandang Lain Pada Permasalahan Non Rutin Penjumlahan Fungsi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 56-57.

Riffayanti, L., & Setiawan, R. (2017) Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 6(1), 114-126.

Fauziah, A.N., & Setiawan, R. (2018). Analisis Strategi Bekerja Mundur dan Ekuivalensi Pada Permasalahan Non Rutin Sistem Persamaan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2 (1), 79-88.

Ayuningrum, S M., & Setiawan, R. (2018). Analisis Penggunaan Strategi Menerka Lalu Menguji Kembali dan Melihat dari Sudut Pandang Lain Dalam Matematika Non-Rutin Untuk Penyelesaian Mencari Nilai x Pada Suatu Persamaan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(1), 63-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.