EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Ariani Nurhayati, Budi Usodo, Yemi Kuswardi

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Quantum Learning pada submateri persamaan garis lurus menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model konvensional, (2) manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada submateri persamaan garis lurus, siswa dengan gaya belajar tipe auditorial, visual atau kinestetik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan gaya belajar auditorial, visual atau kinestetik, (4) pada masing-masing gaya belajar siswa, manakah yang memberikan prestasi lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Quantum Learning atau model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model TPS dengan pendekatan Quantum Learning menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model konvensional (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika sama baiknya dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditorial, siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik, dan siswa dengan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik pada sub materi persamaan garis lurus, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika sama baiknya dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditorial. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik.

 

Keywords

Think Pair Share, Quantum Learning, Gaya Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. (2011). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Richard Arends I. (2008). Learning to Teach. Terjemahan Helly Prajitno dan Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nuansa Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.