PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PHYTAGORAS (Penelitian Dilakukan Di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018)

Maya Krisna Murti, Budiyono Budiyono, Ira Kurniawati

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Phytagoras kelas VIII B SMP Negeri 1 Colomadu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 melalui model pembelajaran Guided Inquiry. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Phytagoras kelas VIII B SMP Negeri 1 Colomadu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Indikator kinerja penelitian ini adalah adanya ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Guided Inquiry telah mencapai kategori sangat baik yaitu minimal 76% dimana di akhir siklus keterlaksanaan pembelajaran mencapai 94% atau melampaui indikator kinerja penelitian dan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase siswa pada masing-masing indikator telah mencapai minimal 75% yaitu indikator memahami masalah sebesar 98,62%, melaksanakan rencana penyelesaian masalah sebesar 94,44%, dan meninjau kembali hasil penyelesaian masalah sebesar 76,38% dengan skor 2 dan untuk indikator merencanakan penyelesaian masalah sebesar 77,77%  dengan minimal skor 3, serta nilai tes akhir siklus sekurang-kurangnya 75% siswa dapat mencapai nilai tes ≥ 7,5 dimana di akhir siklus telah melampaui indikator pencapaian yaitu sebesar 88,8%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Phytagoras kelas VIII B SMP Negeri 1 Colomadu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.

Keywords

model pembelajaran Guided Inquiry, kemampuan pemecahan masalah matematika

Full Text:

Remote PDF

References

Aksela, M. (2012). Supporting Students’ Interest through Inquiry-Based Learning in the Context of Fuel Cells. Mevlana International Journal of Education (MIJE) Vol. 2(3).

Tarigan, D. (2012). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VIII SMPN 9 Surakarta ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Iqliima, F.F. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas 7A SMPN 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Widi, A., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Refbacks

  • There are currently no refbacks.