ANALISIS STRATEGI BERNALAR LOGIS DAN MEMBAGI KASUS PADA PERMASALAHAN NON RUTIN KOMBINATORIKA
Abstract
Masalah matematika non rutin dapat diselesaikan dengan menggunakan strategi pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menganalisis strategi pemecahan masalah matematika yang menggabungkan bernalar logis dan membagi kasus untuk menjawab masalah non rutin yang muncul pada soal Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan kombinatorika untuk tingkat kabupaten, nasional, dan provinsi yang sering dikeluarkan dari tahun ke tahun. Masalah kombinatorika yang sering muncul yaitu menentukan banyaknya kemungkinan susunan tertentu dan menghitung peluang suatu kejadian.Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Peneltian ini dimulai dengan mengumpulkan dan menganalisis beberapa masalah Olimpiade dan masalah non rutin yang bersumber dari buku. Masalah ini dijawab dan diselesaikan dengan kombinasi strategi pemecahan masalah matematik bernalar logis dan membagi kasus. Pelaksanaan pemecahan masalah ini juga harus disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah Polya yang terdiri dari empat tahap. Langkah Polya digunakan untuk memberikan struktur pemecahan masalah yang lebih terstruktur.
Keywords
References
Hartono, Y. (Ed). (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hudoyo. (1990). Strategi Belajar Mengajar Maternatika. Malang: IKIP.
Muzdalipah, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Matematika. 1(1).
Styaningsih,I.N.(2014). Kombinatorial, Kaidah Dasar Menghitung (Counting), dan Prinsip Sarang Merpati. Diakses di http://ikanurstyaningsih.blogspot.co.id/2014/11/kombinatorial-kaidah-dasar-menghitung.html pada 20 Desember 2017.
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: IKAPI.
Widodo, T. (2016). Kumpulan Soal OSK Tahun 2011- 2016. Diunduh di http://tuturwidodo.com/downloa d/. pada 23 September 2017.
Zakaria, E. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur : PRIN-AD, SDN, BHD.
Astuti, K.M.D. & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Menyederhanakan Masalah Serupa dan Sudut Pandang Lain Pada Permasalahan Non Rutin Penjumlahan Fungsi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 56-57.
Riffayanti, L.,& Setiawan, R. (2017) Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 6(1), 114-126.
Fauziah, A.N., & Setiawan, R. (2018). Analisis Strategi Bekerja Mundur dan Ekuivalensi Pada Permasalahan Non Rutin Sistem Persamaan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2 (1), 79-88.
Ayuningrum, S M., & Setiawan, R. (2018). Analisis Penggunaan Strategi Menerka Lalu Menguji Kembali dan Melihat dari Sudut Pandang Lain Dalam Matematika Non-Rutin Untuk Penyelesaian Mencari Nilai x Pada Suatu Persamaan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2,(1), 63-78.
Refbacks
- There are currently no refbacks.