ANALISIS STRATEGI BERNALAR LOGIS DAN MEMBAGI KASUS PADA PERMASALAHAN NON RUTIN KOMBINATORIKA

Evi Triatmi, Rubono Setiawan

Abstract

Masalah matematika non rutin dapat diselesaikan dengan menggunakan strategi pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menganalisis strategi pemecahan masalah matematika yang menggabungkan bernalar logis dan membagi kasus untuk menjawab masalah non rutin  yang muncul pada soal Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama  dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan kombinatorika untuk tingkat kabupaten, nasional, dan provinsi yang sering dikeluarkan dari tahun ke tahun. Masalah kombinatorika yang sering muncul  yaitu menentukan banyaknya kemungkinan susunan tertentu dan menghitung peluang suatu kejadian.Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D).  Peneltian ini dimulai dengan mengumpulkan dan menganalisis beberapa masalah Olimpiade dan masalah non rutin yang bersumber dari buku. Masalah ini dijawab dan diselesaikan dengan kombinasi strategi pemecahan masalah matematik bernalar logis dan membagi kasus. Pelaksanaan pemecahan masalah ini juga harus disesuaikan dengan langkah pemecahan masalah  Polya yang terdiri dari empat tahap. Langkah Polya digunakan untuk memberikan struktur pemecahan masalah yang lebih terstruktur.

Keywords

bernalar logis, membagi kasus, kombinatorika, langkah Polya

Full Text:

PDF

References

Hartono, Y. (Ed). (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hudoyo. (1990). Strategi Belajar Mengajar Maternatika. Malang: IKIP.

Muzdalipah, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Matematika. 1(1).

Styaningsih,I.N.(2014). Kombinatorial, Kaidah Dasar Menghitung (Counting), dan Prinsip Sarang Merpati. Diakses di http://ikanurstyaningsih.blogspot.co.id/2014/11/kombinatorial-kaidah-dasar-menghitung.html pada 20 Desember 2017.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: IKAPI.

Widodo, T. (2016). Kumpulan Soal OSK Tahun 2011- 2016. Diunduh di http://tuturwidodo.com/downloa d/. pada 23 September 2017.

Zakaria, E. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur : PRIN-AD, SDN, BHD.

Astuti, K.M.D. & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Menyederhanakan Masalah Serupa dan Sudut Pandang Lain Pada Permasalahan Non Rutin Penjumlahan Fungsi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 56-57.

Riffayanti, L.,& Setiawan, R. (2017) Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 6(1), 114-126.

Fauziah, A.N., & Setiawan, R. (2018). Analisis Strategi Bekerja Mundur dan Ekuivalensi Pada Permasalahan Non Rutin Sistem Persamaan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2 (1), 79-88.

Ayuningrum, S M., & Setiawan, R. (2018). Analisis Penggunaan Strategi Menerka Lalu Menguji Kembali dan Melihat dari Sudut Pandang Lain Dalam Matematika Non-Rutin Untuk Penyelesaian Mencari Nilai x Pada Suatu Persamaan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2,(1), 63-78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.