EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MA NEGERI 2 SURAKARTA

Yoko Ajiyanto, Sutopo Sutopo, Getut Pramesti

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan ditinjau dari motivasi belajar siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), TGT dengan pendekatan open-ended, dan model pembelajaran langsung. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) ketiga model pembelajaran yang digunakan menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang sama baik; (2) siswa dengan motivasi tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sama baiknya, siswa dengan motivasi tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa dengan motivasi rendah, siswa dengan motivasi sedang dan rendah mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang sama baik; (3) pada masing-masing kategori motivasi belajar, ketiga model pembelajaran menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang sama baik; (4) pada masing-masing model pembelajaran, ketiga kategori motivasi belajar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang sama baik pada materi turunan fungsi trigonometri di kelas XI IPA MA Negeri 2 Surakarta.

Keywords

TGT, open-ended, motivasi, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Uno, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Diterjemahkan oleh: Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media

Takahashi, A. (2008). Commu-nication as Process for Students to Learn Mathematical. [Online]. Tersedia: http://www. criced. tsukuba.ac.jp/math/apec/apec2008/papers/PDF/14.Akihiko_Takahashi_USA.pdf. [3 Februari 2017].

Muhsinin, U. (2013). Pendekatan Open-ended pada Pembelajaran Matematika. Edu-Math. Vol.4, hal. 46-59.

Fatah, A. (2016). Open ended Aproach: An Effort In Cultivating Students’ Mathe-matical Creative Thinking Ability And Self-Esteem In Mathematics. Journal on Mathematics Education. Vol.7, No. 1. pp. 9-18.

Budiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pene-litian Kuantitatif); Bahan Ajar untuk Program Studi Pendidikan Matematika. Surakarta: Tidak diterbitkan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.