The influence of office administration internship and social environment on work readiness among Office Administration Education students

Asri Wulandari, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui pengaruh magang administrasi perkantoran terhadap kesiapan bekerja mahasiswa PAP Universitas Sebelas Maret; 2) mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap kesiapan bekerja mahasiswa PAP Universitas Sebelas Maret; dan 3) mengetahui pengaruh magang administrasi perkantoran dan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap kesiapan bekerja  mahasiswa PAP Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2021 yang berjumlah sebanyak 86 mahasiswa. Adapun analisis data menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh magang administrasi perkantoran terhadap kesiapan bekerja dibuktikan dengan thitung>ttabel (1,998)>(1,988); 2) terdapat pengaruh lingkungan sosial terhadap kesiapan bekerja dibuktikan dengan thitung>ttabel (2,409)>(1,988); dan 3) terdapat pengaruh magang administrasi perkantoran dan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap kesiapan bekerja dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (21,813)>(3,11). Hasil penelitian juga menunjukan magang administrasi perkantoran dan lingkungan sosial dapat mempengaruhi kesiapan bekerja sebesar 64,2% sedangkan 35,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata kunci: magang administrasi perkantoran; lingkungan sosial; kesiapan bekerja

 

Abstract: This research aims to: 1) determine the influence of office administration internship on work readiness among Office Administration Education (PAP) students at Universitas Sebelas Maret; 2) examine the influence of social environment on work readiness among PAP students at Universitas Sebelas Maret; and 3) investigate the simultaneous influence of office administration internship and social environment on work readiness among PAP students at Universitas Sebelas Maret. This study employed a quantitative approach with a correlational method. The population comprised all 86 students from the 2021 cohort of the Office Administration Education study program. Data analysis revealed that: 1) office administration internship has a significant influence on work readiness, as evidenced by t-calculated > t-table (1.998 > 1.988); 2) social environment has a significant influence on work readiness, as evidenced by t-calculated > t-table (2.409 > 1.988); and 3) office administration internship and social environment simultaneously influence work readiness, as evidenced by F-calculated > F-table (21.813 > 3.11). The findings further indicate that office administration internship and social environment account for 64.2% of the variance in work readiness, while the remaining 35.8% is influenced by other variables not examined in this study.

 

Keywords: office administration internships; social environment; work readiness

Keywords

magang administrasi perkantoran; lingkungan sosial; kesiapan bekerja; office administration internships; social environment; work readiness

Full Text:

PDF

References

Adzhani, N., Indri Lestari, V., & Anwar, K. (2024). Pelatihan administrasi perkantoran bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2151-2159.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Baviga, R., Irvianti, L. S. D., Napisah, S., Adhikara, C. T., & Boari, Y. (2023). Manajemen UMKM: mengelola sdm untuk meningkatkan produktifitas UMKM di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh praktek kerja lapangan, motivasi memasuki dunia kerja, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391-404.

Fauzi, H., Aprianto, I., Amiruddin, A., & Zulqarnain, Z. (2020). Strategi pengembangan mutu perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 416-424.

Kirani, F. F., & Chusairi, A. (2022). Tinjauan sistematis: faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 821-828.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Mastur, M. R. L., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh praktik kerja industri (prakerin), efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 789-802.

Nagel, J. (2020, September). Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan. In Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1,(1), 31-38.

Pakaya, I., Posumah, J., & Dengo, S. (2021). Pengaruh lingkungan sosial terhadap pendidikan masyarakat di Desa Biontong I Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Administrasi Publik, 7(104).

Pangestu, R. N., Rani, D. S., Tyas, T. S. N., Farhah, Z., & Afifah, Z. N. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan: perencanaan, kualitas dan kepemimpinan (literature review manajemen kinerja). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(2), 215-228.

Sanyal, B. C. (2024). Higher education and employment: An international comparative analysis. Taylor & Francis.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi pendidikan dan teknologi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 20-30.

Yuniar, V. Z. P. Y. (2023). Pengaruh pengalaman magang, minat kerja, dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Velixna Zefira Permata Yuniar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.