Pengaruh metode pembelajaran POE dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa SMK Batik 2 Surakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa aspek penting yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XI MPLB SMK Batik 2 Surakarta. (1) penelitian ini bertujuan untuk menentukan sejauh mana model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berpengaruh pada prestasi belajar siswa. (2) penelitian ini mengkaji pengaruh rasa percaya diri siswa terhadap prestasi akademis mereka. (3) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gabungan model POE dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan pendekatan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian terdiri 46 siswa kelas XI MPLB. Sampel penelitian menggunakan teknik angket. Analisis data dilakukan menggunakan analisis varians dua jalur, dengan uji prasyarat meliputi; uji normalitas dan homogenitas, dibantu oleh perangkat IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan dari model POE terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai Fhitung 68,236 Ftabel > 0,412; (2) terdapat pengaruh rasa percaya diri yang signifikan terhadap prestasi belajar, dengan nilai Fhitung 10,006 > Ftabel 0,412; (3) terdapat pengaruh kombinasi antara model POE dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan nilai Fhitung 32,780 > Ftabel 0,412.
Kata kunci : kuantitatif; model belajar; penilaian belajar
Abstract: This research aims to determine several important aspects that influence the learning achievement of class XI MPLB students at SMK Batik 2 Surakarta. (1) This research aims to determine the extent to which the POE (Predict, Observe, Explain) learning model influences student learning achievement. (2) this research examines the influence of students' self-confidence on their academic achievement. (3) This research aims to determine the combined effect of the POE model and self-confidence on student learning achievement. This research is a quantitative study with an experimental design using the Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design approach. The research population consisted of 46 class XI MPLB students. The research sample used a questionnaire technique. Data analysis was carried out using two-way analysis of variance, with prerequisite tests including; normality and homogeneity tests, assisted by the IBM SPSS 25 device. The research results show: (1) there is a significant influence of the POE model on student learning achievement, with a Fcount value of 68.236 Ftable > 0.412; (2) there is a significant influence of self-confidence on learning achievement, with a value of Fcount 10.006 > Ftable 0.412; (3) there is a combined influence between the POE model and self-confidence on student learning achievement, as evidenced by the Fcount value of 32.780 > Ftable 0.412.
Keywords: quantitative; learning model; learning assessment
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amahoru, M., Unwakoly, S., & Manoppo, Y. (2023). Penggunaan model pembelajaran predict observe explain (poe) dalam peningkatan hasil belajar peserta didik. ATOM: Jurnal Riset Mahasiswa, 1(1), 12–22.
Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2020). Pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN Wilayah Kelurahan Nalumsari, Jepara. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 9. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.p9-20.3945
Aprisiliyani, S., & Suardi, H. (2023). Pengaruh Rasa Percaya Diri Peserta Didik Terhadap Kemampuan Public Speaking. Guree : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Guree. 1(1), 1–8. https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree31
Ariyanti, L., Utami, B., & VH, E. S. (2018). Penerapan model pembelajaran predict observe explain (poe) dilengkapi lks berbasis drill and practice untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA N 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 86. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24570
Hanipah, A. D., Amalia, T. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Education: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 41-51.
Chaouali, W., Souiden, N., & Ladhari, R. (2017). Explaining adoption of mobile banking with the theory of trying, general self-confidence, and cynicism. Journal of Retailing and Consumer Services, 35 (September 2016), 57-67. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.11.009
Hidayah, A., & Yuberti, Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses belajar fisika siswa pokok bahasan suhu dan kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21-27. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Hong, J. C., Hsiao, H. S., Chen, P. H., Lu, C. C., Tai, K. H., & Tsai, C. R. (2021). Critical attitude and ability associated with students’ self-confidence and attitude toward “predict-observe-explain” online science inquiry learning. Computers and Education, 104172 (166) https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104172
Juniarti, I. G. A. S. (2017). Pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam pencapaian hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 3.
Paoliana, N., Taufik, M., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh model pembelajaran poe (predict-observe-explain) terhadap hasil belajar dan kreativitas fisika peserta didik. GeoScienceEdu, 1(1), 17–22.
Pasaribu, E., & Sijabat, D. (2022). Hubungan kecemasan berkomunikasi dan percaya diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2342–2351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2441
Sukri, M., (2019). Mengatasi permasalahan dan peningkatan prestasi belajar ipa melalui konseling elektif dengan perilaku attending pada siswa VIII B2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal IKA | 18. Jurnal IKA, 17(1).
Pradja, N. S., & Tresnawati, N. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin siswa terhadap prestasi belajar siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 14(02), 54–59. https://doi.org/10.25134/equi.v14i02.1128
Rikmasari, R., Sundari, K., & Nuraini, H. (2022). Model pembelajaran predict observe explain (poe) terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1634-1645.
Samudera, V. M., Rokhmat, J., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain terhadap hasil belajar fisika siswa ditinjau dari sikap ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 101-108.
Sari, E. P., & Purwaningsih, S. M. (2018). Pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Program IPA di SMA Negeri 1 Cerme Gresik. Avatara, 6(3), 79–87.
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2021). Yelisman Zebua 1* , Maria Magdalena Zagoto 2 , Oskah Dakhi 3. 5(1), 872–881.
Refbacks
- There are currently no refbacks.