Faktor yang mempengaruhi penggunaan teknologi informasi pada siswa kelas x dalam kegiatan pembelajaran di sekolah

Tanalyna Hasna Marfida, Subroto Rapih

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Perceived Usefulness (PU)  terhadap Perceived Ease of Use (PEU), (2) Perceived Ease of Use (PEU) terhadap Behavioral Intention (BI), (3) Perceived Usefulness (PU) terhadap Behavioral Intention (BI), dan (4) Behavioral Intention (BI) terhadap Attitude Toward using Technology (ATT) pada penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas X di SMK Batik 2 Surakarta. Pengumpulan data dengan kuesioner dan proportionate random sampling untuk pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan teknik analisis Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel PU berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel PEU, dibuktikan dengan nilai t statistik sebesar 9,677 > 1,96 dan nilai p value sebesar 0 < 0,05. (2) Variabel PEU tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel BI, dibuktikan dengan nilai t statistik sebesar 0,609 < 1,96 dan nilai p value sebesar 0,543 > 0,05. (3) Variabel PU berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel BI, dibuktikan dengan nilai t statistik sebesar 4,269 > 1,96 dan nilai p value sebesar 0 < 0,05. (4) variabel BI berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel ATT, dibuktikan dengan nilai t statistik sebesar 8,383 > 1,96 dan nilai p value sebesar 0 < 0,05.

 

Kata kunci : kuantitatif; partial least square (PLS); sampel acak; smartPLS; Technology Acceptance Model (TAM)


Abstract: The study aims to investigate the effects of (1) Perceived Usefulness (PU) on Perceived Ease of Use (PEU), (2) Perceived Ease of Use (PEU) on Behavioural Intention (BI), (3) Perceived Usefulness (PU) on Behavioural Intention (BI), and (4) Behavioural Intention (BI) on Attitude Toward using Technology (ATT) in the context of information technology usage among 10th-grade students at SMK Batik 2 Surakarta. Data collection using questionnaires and proportionate random sampling for sampling. This research uses quantitative descriptive methods with Technology Acceptance Model (TAM) theory and Partial Least Square (PLS) analysis techniques using SmartPLS. Based on the data analysis, the following results were obtained: (1) PU positively and significantly influences PEU, as evidenced by the statistical t value of 9,677 > 1,96 and the p value of 0 < 0,05. (2) PEU does not significantly influence BI, as evidenced by the statistical t value of 0,609 < 1,96 and the p value of 0,543 > 0,05. (3) PU positively and significantly influences BI, as evidenced by the statistical t value of 4,269 > 1,96 and the p value of 0 < 0,05. (4) BI significantly and positively influences ATT, as evidenced by the statistical t value of 8,383 > 1,96 and the p value of 0 < 0,05.

 

Keywords : quantitative;  Partial Least Square (PLS); random sampling; smartPLS; Technology Acceptance Model (TAM)

Keywords

kuantitatif; partial least square (PLS); sampel acak; smartPLS; Technology Acceptance Model (TAM); quantitative; Partial Least Square (PLS); random sampling; smartPLS; Technology Acceptance Model (TAM)

Full Text:

PDF

References

Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117–126. https://doi.org/10.24014/SB.V12I1.1930

Badan Pusat Statistik. (2018). Penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (P2TIK) sektor pendidikan 2018. BPS-Statistics Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2018/12/24/27971845a9d616341333d103/penggunaan-dan-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-p2tik-sektor-pendidikan-2018.html

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V8I1.2095

Chika, P.B. (2019). Model pembelajaran two stay two stray berbantu media puzzle terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 84. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V8I1.2095

Dinata, H. (2020). Analisis technology acceptance model pada penggunaan teknologi informasi di perusahaan agensi properti. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 0, 1–21. https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/view/188/178

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Fahmi, M. A., & Nisa, F. (2023). Penerimaan dan penggunaan open broadcaster software dalam pembelajaran hybrid dengan pendekatan TAM 3. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2).

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Hermanto, S. B., & Patmawati, P. (2017). Determinan penggunaan aktual perangkat lunak akuntansi pendekatan technology acceptance model. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(2), 67–81. https://doi.org/10.9744/jak.19.2.67-81

Maita, I., & Almarozi. (2022). Analisis penerapan e-learning menggunakan Thechnology Acceptance Model (TAM). Jurnal Informasi Dan Teknologi, 4(2), 86–90. https://doi.org/10.37034/JIDT.V4I2.201

Marbun, I. A. H., & Panjaitan, Y. (2022). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap behavioral intention penggunaan gopay dengan social influence sebagai moderasi. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 6(4), 904–913. https://doi.org/10.52362/JISAMAR.V6I4.951

Niqotaini, Z., & Budiman, B. (2021). Analisis penerimaan google classroom menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). SISTEMASI, 10(3), 637–661. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id/index.php/stmsi/article/view/1376

Nurdyansyah, & Andiek, W. (2015). Inovasi teknologi pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.

Permana, P.A. G. (2018). Penerapan metode TAM ( Technology Acceptance Model ). 10(1), 1–7.

Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023. CV. Lentera Ilmu Madani, Juli, 146.

Rohman, S. (2020). Penerapan technology acceptance model pada kualitas user experience aplikasi multimedia company profile bpjs kesehatan wonosobo. Device, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32699/device.v10i1.1480

Rooijakkers, A. (1991). Mengajar dengan sukses: petunjuk untuk merencanakan dan menyampaikan pengajaran. Grassindo.

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi pembelajaran implementasi pembelajaran era 4.0. UIN SUNAN AMPEL PRESS.

Salamah, W. (2020). Deskripsi penggunaan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538. https://doi.org/10.23887/JPPP.V4I3.29099

Sari, D. D. M., & Novita, D. (2021). Analisis website akademik program pascasarjana universitas xyz menggunakan technology acceptance model. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 176–186. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1376

Schaupp, L. C., & Festa, M. (2018). Cryptocurrency adoption and the road to regulation. ACM International Conference Proceeding Series, 1–9. https://doi.org/10.1145/3209281.3209336

Suryanto, D. (2019). Pengaruh kepemimpinan terhadap disiplin kerja pegawai kantor kementerian agama kota bukittinggi dengan motivasi kerja sebagai variabel moderating. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.37385/msej.v1i1.7

Suyanto, & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan penggunaan fintech pada UMKM dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1). https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.166

Thenu, P. E., & Sitokdana, M. N. N. (2019). Analisis penerimaan mahasiswa uksw terhadap penggunaan isalatiga menggunakan technology acceptance model (studi kasus : dinas perpustakaan dan kearsipan kota salatiga). Sebatik, 23(2), 324–329. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.777

Thompson, R. L., Higgins, C. A., & Howell, J. M. (1991). Personal computing: toward a conceptual model of utilization utilization of personal computers personal computing: toward a conceptual model of utilization1. Source: MIS Quarterly, 15(1), 125–143.

Winkelen, C.V. (2016). Using developmental evaluation methods with communities of practice. Learning Organization, 23(2–3), 141–155. https://doi.org/10.1108/TLO-08-2015-0047

Widaningsih, S., & Mustikasari, A. (2022). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use dan perceived enjoyment terhadap penerimaan teknologi informasi web SMB Universitas Telkom. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5717–5725. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.2020

Wiratama, K., & Sulindawati, N. L. G. E. (2022). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, pengetahuan akuntansi dan kompatibilitas terhadap minat UMKM dalam menggunakan aplikasi si apik. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(01), 58–69.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.