Penerapan aplikasi pospay PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Surakarta

Vivi Aprilia Setyaningsih, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan aplikasi Pospay di PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Surakarta, (2) kendala dan solusi dalam penerapan aplikasi Pospay di PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian diperoleh: (1) penerapan aplikasi Pospay memberi kemudahan dan kenyaman pengguna dalam melakukan transaksi keuangan secara elektronik, (2) kendala dan solusi dalam penerapan aplikasi Pospay berupa tidak bisa login, akun terblokir, dan transaksi gagal dengan memastikan jaringan internet, mengatur ulang password, dan proses ticketing ke pusat oleh customer service.  

Kata kunci : keuangan digital; kualitatif; transaksi keuangan


Abstract: This research aims to find out: (1) the application of the Pospay application at PT Pos Indonesia (Persero) Surakarta City, (2) the problems and solutions in implementing the Pospay application at PT Pos Indonesia (Persero) Surakarta City. This research uses a qualitative approach with a case study method. The data sources used are informants, places and events and documents. The sampling technique used purposive sampling and snowball sampling techniques. The data collection techniques used were in-depth interviews, observation, and document analysis. The data validity test technique in this research is source triangulation and method triangulation. Data were analyzed using interactive data analysis techniques of Miles and Huberman models with data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing or verification. The research results obtained: (1) the application of the Pospay application provides convenience and comfort for users in conducting electronic financial transactions, (2) obstacles and solutions in the application of the Pospay application in the form of unable to log in, blocked accounts, and failed transactions by ensuring the internet network, resetting passwords, and ticketing processes to the center by customer service.  

Keywords :  digital finance; qualitative; financial transactions

Keywords

keuangan digital; kualitatif; transaksi keuangan; digital finance; qualitative; financial transactions

Full Text:

PDF

References

Aziz, M. A., Mukhsinun, & Lestari, N. (2022). Analisis terhadap manfaat penggunaan layananan mobile banking bagi nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kcp Gombong Kebumen. Journal of Management, Economics, and Entrepreneur, 1(2), 219-242. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/maen/article/view/1047

KBBI. (2019). Dipetik 12 11, 2019, dari "Kamus Besar Bahasa Indonesia", "Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, [Online].: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/

Leong, K., & Sung, A. (2018). FinTech (Financial Technology): what is it and how to use technologies to create business value in fintech way? International Journal of Innovation, Management and Technology, 9(2), 74-78. doi: 10.18178/ijimt.2018.9.2.791

Nugroho, M., & Kartadie, R. (2016). Analisis kinerja penerapan container untuk load balancing web server. Jurnal Ilmiah dan Pembelajaran Informatika, 1(2), 7-15. doi: https://doi.org/10.29100/jipi.v1i02.35

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Dipetik Juli 05, 2024, dari Strategi nasional literasi keuangan Indonesia: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468

Pedrosa, G. V., Menezes, V. d., & C. Figueiredo, R. M. (2020). A quality management-based approach to evaluate public services: a case study in Brazil. Hawaii International Conference on System Sciences, 2273-2280. http://hdl.handle.net/10125/64019

Pospay. (2019). Dipetik 12 2, 2020, dari Pos Indonesia: https://www.posindonesia.co.id/en/content/pos-pay

Ramadani, D. D., & Purnomo, D. A. S. (2022). Pengaruh manfaat, kemudahan terhadap minat pemakaian financial technology pada pengguna pembayaran digital UMKM di Sumenep. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 14(2), 18. doi: https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v14i2.2505

Ratnawati, A., & Susanto, A. (2012). Studi pemanfaatan layanan pospay pada masyarakat di Kota Mataram. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 2(1), 1-16. https://www.neliti.com/id/publications/123674/studi-pemanfaatan-layanan-pospay-pada-masyarakat-di-kota-mataram#cite

Sandy, T. A. (2014). Power point android. Ahlimedia Book.

Seftarita, C., & Azra, U. (2017). Analaisis peluang penggunaan layanan keuangan digital (LKD) pada masyarakat Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Jurnal E-Kombis, 3(1), 1-16. doi: https://doi.org/10.35308/ekombis.v3i1.385

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani. (2018). Perancangan aplikasi komik hadist berbasis multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113. doi: 10.36294/jurti.v2i2.425

Syaidah. (2014). Persepsi masyarakat atas pemanfaatan TIK pada layanan Pos Di Kantor Pos Cianjur. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 4(2), 137-149. doi: https://doi.org/10.17933/jppi.v4i2.31

Wardhani, R. N., Utami, M. C., & Saputra, I. Y. (2020). Sistam informasi helpdesk ticketing pada PT. Bank Mega Tbk. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(2), 201-2017. doi: https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i2.868

Wardhani, R. N., Utami, M. C., & Saputra, I. Y. (2020). Sistem informasi helpdesk ticketing pada PT. Bank Mega Tbk. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(2), 201-207. doi: https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i2.868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.