Pengaruh media sosial dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X MPLB SMKN 3 Surakarta

Vrisdya Kurnia Indraspuri, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar MPLB, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar MPLB, (3) pengaruh secara bersama-sama media sosial dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar MPLB kelas X SMKN 3 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi sebanyak 108 siswa serta diambil sampel sebanyak 85 dengan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media sosial terhadap hasil belajar siswa (thitung 2,244 > ttabel 1,993) serta nilai signifikansi (0,028 < 0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa (thitung 2,968 >  ttabel 1,993) serta nilai signifikansi (0,004 < 0,05); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media sosial dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa (Fhitung 9,231 > Ftabel 3,09). Hasil uji koefisien determinasi ditemukan nilai R Square variabel media sosial dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar secara bersama-sama 18,4% dan sisanya sebesar 81,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci : dunia maya; lingkup keluarga; perolehan pembelajaran

 

Abstract: This study aims determine (1) the influence social media on student learning outcomes in the Basic MPLB subject, (2) the influence family environment on student learning, and (3) the combined influence of social media and  family environment on student learning outcomes in the Basic MPLB subject for 10th-grade students at SMKN 3 Surakarta. This research is quantitative study using questionnaire as data collection technique. The population consisted 108 students, with sample 85 students selected Slovin formula. The result showed (1) there is a positive and significant influence of social media on student learning outcomes (tvalue 2,244 > ttable 1,993) with significance (0,028 < 0,05); (2) there is a positive and significant influence of family environment on student learning outcomes (tvalue 2,968 > ttable 1,993) with  significance (0,004 < 0,05); (3) there is a positive and significant combined influence of social media and family environment on student learning outcomes (Fvalue 9,231 > Ftable 3,09). The result the determination coefficient test revealed that R Square of social media and family environment variables on learning outcomes collectively 18,4% while the remaining 81,6% influenced by other variables not examined in this study.

 

Keywords : virtual world; family scope; learning acquisition

Keywords

dunia maya; lingkup keluarga; perolehan pembelajaran; virtual world; family scope; learning acquisition

Full Text:

PDF

References

Akram, W., & Kumar, R. (2018). A study on positive and negative effects of social media on society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10), 351–354. https://doi.org/10.26438/ijcse/v5i10.351354

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Dedyerianto. (2020). Pengaruh internet dan media sosial terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Al-TA’DIB, 12(2), 208. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1206

Angraini, D.W. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XII IIS SMA. (Skripsi, Universitas Sriwijaya) Sumatera Selatan, Indonesia. https://repository.unsri.ac.id/27031/

Setyorini, D.W. (2022). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 MIN 5 Magetan. Skripsi.

Hulukati, W. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Musawa, 7(2), 265–282.

Indraswati, D., Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Maulyda, M. A. (2021). Pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 17–34. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p17-34

Jihad, N. H. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SDN 263 Bonto Baru Kabupaten Jeneponto. Jurnal Universitas Miuammadiyah Makassar, 1(2), 11–15.

Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(3), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567

Nofatin. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 3. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Pimdee, P., Ridhikerd, A., Moto, S., Siripongdee, S., & Bengthong, S. (2023). How social media and peer learning influence student-teacher self-directed learning in an online world under the ‘New Normal.’ Heliyon, 9(3), e13769. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13769

Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98–102. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Merdeka Belajar, 289–302.

Riska, S.N., R, S., & Anwar. (2021). Pengaruh media sosial terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 14 Iskandar Muda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 6(3), 213–221.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.

Suryaningsih, A. (2019). Dampak media sosial terhadap prestasi belajar pada peserta didik. Wahana Didaktika, 17(13), 335-344.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.