The relationship between family support, school life quality, and career decision-making self-efficacy among vocational students

Salsabila Anggia Putri, Hery Sawiji

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier; (2) Untuk mengetahui hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier; (3) Untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan kualitas kehidupan sekolah secara bersama-sama dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah Populasi 103 dan 82 Siswa diambil sebagai sampel. Sampel penelitian menggunakan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket skala likert 1-4. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan efikasi diri pengambilan keputusan karier. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,276 > 1,990; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara quality of school life dengan efikasi diri pengambilan keputusan karier. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,583 > 1,990; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antar dukungan keluarga dan quality of school life dengan efikasi diri pengambilan keputusan karier. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 19,354 > 3,11.

 

Kata kunci : perkembangan remaja; pendidikan kejuruan; lingkungan akademis; psikologi pendidikan; perencanaan karir


Abstract: This research aims to determine: (1) The relationship between family support and self-efficacy in career decision-making; (2) The relationship between quality of school life and self-efficacy in career decision-making; (3) The collective relationship between family support and quality of school life with self-efficacy in career decision-making. This study employed a quantitative approach with correlational methods. From a population of 103 students, 82 were selected as the sample using proportional random sampling technique. Data were collected using a questionnaire with a 1-4 Likert scale. The research findings are as follows: (1) there is a positive and significant relationship between family support and career decision-making self-efficacy, as evidenced by the t-value > t-table (3.276 > 1.990); (2) there is a positive and significant relationship between quality of school life and career decision-making self-efficacy, as evidenced by the t-value > t-table (3.583 > 1.990); (3) there is a positive and significant relationship between family support and quality of school life collectively with career decision-making self-efficacy, as evidenced by the F-value > F-table (19.354 > 3.11).

 

Keywords : adolescent development; vocational education; academic environment; educational psychology; career planning

Keywords

perkembangan remaja; pendidikan kejuruan; lingkungan akademis; psikologi pendidikan; perencanaan karir; adolescent development; vocational education; academic environment; educational psychology; career planning

Full Text:

PDF

References

Ashudi, A. M., Aryani, F., Fatmawati, & Taufik, A. (2022). Pengaruh dukungan keluarga dan quality of school life terhadap pengambilan keputusan karier siswa kelas XII di sekolah menengah atas. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(7), 673–685. https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p673-685

Dorothy, G. P., Fariz, M., & Rias, M. A. (2018). Persepsi siswa terhadap quality of school life pada sekolah yang pernah mengalami kondisi rusak fisik (Studi kasus pada SDN X di Jakarta). Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(1), 84–104. https://doi.org/10.24912/provitae.v11i1.1866

Edith, M., Chen, T., & Woodfield, M. (2003, May). Influences of selected demographic variables on the career decision-making self-efficacy of college seniors.

Eres, F., Gökmenoğlu, T., & Bulut Şahin, B. (2017). Middle school students' perceptions of the quality of school life in Ankara. Journal of Education and Learning, 6(1), 175–184. https://doi.org/10.5539/jel.v6n1p175

Febriana, L. Z., Abbas, E. W., & Noor, F. (2021). Efikasi diri pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sayung Demak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(6), 390–396.

Febriani, N., Widodo, P. B., & Kristiana, I. F. (2013). Hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dengan kedisiplinan siswa kelas berpindah pada kelas XII SMAN 3 Semarang. Jurnal Psikologi, 12(2), 152–163. https://doi.org/10.14710/jpu.12.2.152-163

Istifarani, F. (2016). Pengaruh dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karir siswa kelas X di SMK Negeri 1 Depok (pp. 1–11).

Nelson, L. J. (2021). The theory of emerging adulthood 20 years later: A look at where it has taken us, what we know now, and where we need to go. Emerging Adulthood, 9(3), 179–188. https://doi.org/10.1177/2167696820950884

Salwani, A., Adawiah, R., & Angraeni, R. (2022). The relationship between family social support and self-efficacy in career decision-making of final year university students. Journal of Educational Psychology and Counseling, 5(1), 25–36.

Solikhati, N., Suharso, & Awalya. (2021). Hubungan antara dukungan keluarga dengan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa. Indonesia Journal of Guidance and Counseling Theory and Application, 10(1), 64–71. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Refbacks

  • There are currently no refbacks.