Identifikasi penulisan surat niaga peserta didik pada mata pelajaran korespondensi bahasa indonesia kelas X MPLB SMK Negeri 1 Surakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah peserta didik memenuhi syarat-syarat surat yang baik, (2) kesulitan dialami peserta didik saat menulis surat niaga, dan (3) upaya guru mengatasi kesulitan peserta didik saat menulis surat niaga yang baik. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian antara lain, (1) penulisan surat niaga peserta didik memenuhi syarat-syarat surat yang baik (a) surat ditulis dengan bentuk yang menarik sesuai dengan aturan surat-menyurat, (b) kalimat tidak berbelit-belit dan tidak terlalu panjang, (c) ditulis dengan kalimat yang sopan, dan (d) bersih dan rapi. (2) kesulitan dialami peserta didik saat menulis surat niaga pada Mata Pelajaran Korespondensi Bahasa Indonesia Kelas X MPLB SMK Negeri 1 Surakarta meliputi, (a) kesulitan membuat isi surat, (b) kesulitan membedakan bentuk-bentuk surat, dan c) kesulitan membuat kalimat surat yang ringkas. (3) upaya guru mengatasi kesulitan peserta didik saat menulis surat niaga, (a) memberikan arahan sebelum menulis isi surat, (b) memberi pertanyaan pemantik kepada peserta didik untuk membedakan bentuk-bentuk surat, dan (c) membantu peserta didik menentukan jenis surat niaga untuk membuat kalimat surat yang ringkas.
Kata kunci: menulis; korespondensi; dokumentasi
Abstract: This research aims to find out (1) whether students meet the requirements of good letter writing, (2) the difficulties experienced by students when writing business letters, and (3) the efforts made by teachers to overcome students' difficulties in writing good business letters. The sampling techniques used were purposive sampling and snowball sampling. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. Data validity testing used source and technique triangulation. The data analysis technique employed was interactive data analysis. The research results include: (1) the students' business letter writing met the requirements of a good letter, such as (a) the letter was written in an appealing format according to correspondence rules, (b) the sentences were concise and not overly long, (c) the letter was written politely, and (d) it was clean and neat. (2) The difficulties experienced by students in writing business letters in the Indonesian Correspondence Subject, Class X MPLB, at SMK Negeri 1 Surakarta included: (a) difficulty in composing the content of the letter, (b) difficulty in distinguishing between different types of letters, and (c) difficulty in writing concise sentences. (3) The teachers' efforts to overcome students' difficulties in writing business letters included: (a) providing guidance before writing the letter's content, (b) asking prompting questions to help students differentiate between types of letters, and (c) assisting students in determining the type of business letter to write concise sentences.
Keywords: writing; correspondence, documentation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinus, J. W. (2017). Analisis kalimat efektif dan ejaan yang disempurnakan dalam surat bisnis (analisis kasus surat perkenalan dan permintaan penawaran mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris (STIKS) Tarakanita). VOCATIO Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Perkantoran, 1(1), 48–59.
Arifin, M. B., Wahyuni, I., Tawakal, A., Vivian, Y. I., & Yudista, R. (2022). Pelatihan penaskahan surat dinas di Kelurahan Jahab, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–31. https://orcid.org/0000-0003-3162-0328
Eliyanti, Taufina, & Hakim, R. (2020). Pengembangan bahan ajar keterampilan menulis narasi dengan menggunakan mind mapping dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Fikriah. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas xi banda aceh dengan model pembelajaran kooperatif. Jurnal Serambi PTK, 7(2), 144–153.
Fitri, R. (2016). Penerapan Teknik pemodelan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 118–132. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.1200
Fitria, T. N. (2022). Non-EFL students’ perception of their difficulties in writing english application letter. Article in ELT Worldwide Journal of English Language Teaching, 9(2), 275–287. https://doi.org/10.26858/eltww.v9i2.31760
Hasanah, N. (2018). Analisis kesalahan gramatika bahasa indonesia dalam surat resmi di Kantor Desa Mamben Lauk. Prasasti: Journal of Linguistics, 3(1), 98–112.
Indra, W. P. S., & Rosy, B. (2019). Pengaruh model pembelajaran think pair share (tps) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan dalam membuat surat pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Adminisitrasi Perkantoran, 4, 132–136.
Indrayani, S. A. P. S., Putrayasa, I. B., & Sriasih, S. A. P. (2015). Analisis kalimat efektif cerpen siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Tampaksiring. Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Nurjanna. (2015). Penggunaan metode pemberian tugas untuk meningkatkan keterampilan menulis surat siswa kelas IV SDN 2 Lais. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(8), 135–147.
Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan komunikasi siswa kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832
Pujiatna, T. (2019). Pembinaan tata bahasa dan tata bentuk surat-menyurat indonesia pada kelompok bidang ekstrakulikuler SMA Muhammadiyah Kedawung Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1), 20–24. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/14070
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran korespondensi berbasis android menggunakan articulate storyline 3. Economic & Education Journal, 2(2), 169–182. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/ecoducation
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Sauri, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap kemampuan menulis surat resmi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong, Pandeglang. Jurnal Artikula, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.30653/006.201811.4
Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, iTA eLGA, Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238–243.
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan keterampilan menulis siswa sman 1 semaka melalui web sekolah. 2021, 2(3), 283–294. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/92
Zaini, A. (2019). Kesalahan penulisan kop surat dinas instansi pemerintah di Kota Banjarmasin. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 15(2), 187–198.
Refbacks
- There are currently no refbacks.