Pengembangan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis qr code multi-platform pada elemen teknik dasar aktivitas perkantoran di SMKN 1 Karanganyar

Muhammad Hilmi Sabitul Azmi, Tutik Susilowati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran berdiferensiasi berbasis QR Code multi-platform, dan (2) menentukan efektivitas produk media pembelajaran berdiferensiasi berbasis QR Code multi-platform dalam mengakomodasi perbedaan siswa dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang dimodifikasi hanya sampai tahap develop. Data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan wawancara, yang akan dianalisis menggunakan model kualitatif (reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan). Keabsahan data akan diuji menggunakan teknik triangulasi data serta validasi kuantitatif dari media, materi, dan perangkat pembelajaran, serta respon dari guru dan siswa. Validasi dilakukan oleh dua ahli. Produk diuji coba pada 29 siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis QR Code multi-platform menggunakan model 4D yang dimodifikasi, yaitu tahap define, design, dan develop. Pada tahap develop, media pembelajaran diuji coba dengan berbagai aplikasi untuk mendukung interaktivitas dan aksesibilitas. (2) Hasil validasi menunjukkan kelayakan tinggi dengan skor rata-rata 92% untuk media, 90% untuk materi, dan 89% untuk perangkat pembelajaran.

 

Kata kunci : interaktivitas; kebutuhan peserta didik; kurikulum merdeka; teknologi pembelajaran; kesiapan belajar


Abstract: This research aims to (1) produce a differentiated learning media product based on multi-platform QR Codes, and (2) determine the effectiveness of the differentiated learning media product based on multi-platform QR Codes in accommodating student differences in  merdeka curriculum. This research employs the Research and Development (R&D) method, referring to the 4D development model modified to only reach the develop stage. The data used in this development research is mix data. Data collection techniques include questionnaires and interviews, which will be analyzed using qualitative model (reduction,display,and conclusion drawing). The validity of the data will be tested using data triangulation techniques and quantitative validation of the media, materials, and learning devices, as well as responses from teachers and students. Validation was conducted by two experts. The product was tested on 29 students. The results of this research are: (1) The development of differentiated learning media based on multi-platform QR Codes using the modified 4D model, which includes define, design, and develop stages. In the develop stage, the learning media was tested using various applications to support interactivity and accessibility. (2) Validation results show high feasibility with an average score of 92% for media, 90% for materials, and 89% for learning devices.

 

Keywords : interactivity; student needs; merdeka curriculum; learning technology; learning readiness

Keywords

interaktivitas; kebutuhan peserta didik; kurikulum merdeka; teknologi pembelajaran; kesiapan belajar; interactivity; student needs; merdeka curriculum; learning technology; learning readiness

Full Text:

PDF

References

Aprima, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika kelas xi berbasis android. Intech, 2(2), 34–38. https://doi.org/10.54895/intech.v2i2.1169

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif (1st ed.). Fatawa Publishing.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kustandi, C., & Sutjipto. (2011). Media pembelajaran: manual dan digital (2nd ed.). Ghalia Indonesia

Sari, R.N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dengan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Pengajaran Dan Riset, 2(2), 139.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa madrasah tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160

Saepulloh, A. et al (2019). Aplikasi scanner berbasis android untuk menampilkan data id card menggunakan barcode. JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNIK INFORMATIKA, 3(1), 101–110. https://core.ac.uk/reader/268089070

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual reality untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1).

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Sungkono, S. (2012). Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3201/2682

Tomlinson, C. A. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. In Association for Supervision and Curriculum Development. Association for Supervision and Curriculum Development.

Uno, W. A. (2021). Pengembangan teknologi pendidikan IPA berbasis multimedia dalam meningkatkan minat belajar siswa (N. L. H. Sholehah (ed.); 1st ed.). Cahaya Arsh Publisher.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. In Journal of Education and Teaching. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2021). Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika selama study at home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 72–81. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p72-81

Berikut adalah penulisan daftar pustaka sesuai dengan APA Style edisi ke-7:

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi asesmen diagnostik untuk menentukan profil gaya belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241–250. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.