The use of ChatGPT in office technology learning for class X MPLB 3 at SMK Negeri 1 Surakarta

Ana Amalia, Tri Murwaningsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan penggunaan ChatGPT pada pembelajaran Teknologi Perkantoran kelas X MPLB 3 di SMK Negeri 1 Surakarta, (2) mengetahui hambatannya, serta (3) mengetahui solusi yang dilakukan guru dan siswa untuk mengatasi hambatan. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan sampel secara purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan teknik. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan ChatGPT pada pembelajaran teknologi perkantoran dinilai mudah, cepat dan praktis. Penggunaan ChatGPT dapat meningkatkan aksesibilitas pembelajaran dan sebagai alat bantu alternatif yang lebih terjangkau. Peningkatan literasi digital dirasakan dan siswa memiliki suasana belajar baru yang lebih menantang. ChatGPT dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam memahami materi, (2) hambatan yang dialami ialah kurangnya motivasi dan disiplin belajar siswa dalam bidang teknologi, kendala akses internet dan kompatibilitas perangkat, kesulitan dalam memilih prompt yang tepat, penurunan tingkat berpikir kritis dan penafsiran informasi, dan (3) solusi yang dilakukan yaitu dengan membebaskan anak mencari sumber belajar lain, menambah jaringan internet dan wifi yang dapat diakses oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran, memasukkan prompt yang berbeda, dan meningkatkan kemampuan literasi informasi.

 

Kata kunci: teknologi pendidikan; literasi digital; inovasi pembelajaran; keterlibatan siswa; pelatihan kejuruan


Abstract: This study aims to (1) describe the use of ChatGPT in Office Technology learning class X MPLB 3 SMK Negeri 1 Surakarta, (2) identify the obstacles, and (3) finds solutions implemented by teachers and students. This research is qualitative descriptive method with phenomenological approach. Sampling techniques used are purposive and snowball sampling. Data collection methods include document analysis, interviews, and observations. The validity testing technique used is source and technique triangulation. Data analysis employs interactive analysis. The results of the research analysis: (1) the use of ChatGPT in office technology learning is considered easy, fast, and practical. The use of ChatGPT can enhance learning accessibility and serves as a more affordable alternative learning tool. There is an improvement in digital literacy, and new students experience, more challenging learning environment. ChatGPT can boost students confidence in understanding the material, (2) the obstacles include lack of student motivation and discipline in field of technology, internet access and device compatibility issues, difficulty selecting the right prompts, a decrease in critical thinking and information interpretation, and (3) the solutions include allowing students to seek other learning sources, enhancing internet wifi networks accessible to students, inputting different prompts, and improving information literacy skills.

 

Keywords: educational technology; digital literacy; learning innovation; student engagement; vocational training

Keywords

teknologi pendidikan; literasi digital; inovasi pembelajaran; keterlibatan siswa; pelatihan kejuruan; educational technology; digital literacy; learning innovation; student engagement; vocational training

Full Text:

PDF

References

AlAfnan, M. A., Dishari, S., Jovic, M., & Lomidze, K. (2023). ChatGPT as an educational tool: opportunities, challenges, and recommendations for communication, business writing, and composition courses. Journal of Artificial Intelligence and Technology, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.37965/jait.2023.0184

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 05(04), 11777–11790.

Amala, Y., Thohir, M., Reditiya, V. E., & Permata Sari, N. I. (2023). Refleksi mahasiswa dalam berkeadaban digital melalui ChatGPT. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3798

Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial intelligence : solusi pembelajaran era digital 5.0. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 8(1), 35–46.

Anggraini, Y. (2022). Persepsi guru terhadap penggunaan chatbot sebagai media pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Seminar Nasional Batch 1, 182–189.

Auna, H. S., Kuswandi, D., & Hamzah, N. (2024). Studi perspektif siswa terhadap efektivitas pembelajaran matematika dengan penerapan Chatgpt. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1160

Ausat, A. M. A., Massang, B., Efendi, M., Nofirman, & Riady, Y. (2023). Can Chat GPT replace the role of the teacher in the classroom: a fundamental analysis. Jl. Meurandeh, Meurandeh, Kec. Langsa Lama, 05(04), 16100–16106.

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan artificial intelegent (ai) dalam dunia pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Fitrianinda, K., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Polemik penggunaan artificial intelligence ‘ChatGPT’ pada lingkup dunia pendidikan. Jurnal Sindoro Cendikia Pendidikan, 4(2), 62–82.

Hadian, T., & Rahmi, E. (2023). Berteman dengan ChatGPT: sebuah transformasi dalam pendidikan (N. Mulyana & A. I. Awaluddin (ed.); 1 ed.). EDU PUBLISHER.

Harmin, A., Moeis, D., & Usman, N. (2024). Pelatihan pemanfaatan chatGPT untuk efektivitas belajar dan penyelesaian tugas akademis siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, 499–507.

Indonesia. (2005). Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Indriani, A., Trisnawati, R., Wenny, R., & Ningsih, R. (2024). Analisis potensi chat gpt dalam mendukung pembelajaran pai : perspektif kajian literatur. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(3), 11598–11608.

Iriyani, S. A., Patty, E. N. S., Akbar, A. R., & Idris, R. (2023). Studi literatur : pemanfaatan teknologi chat gpt dalam pendidikan. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.30812/upgrade.v0i0.3151

Javaid, M., Haleem, A., Singh, R. P., Khan, S., & Haleem, I. (2023). Unlocking the opportunities through ChatGPT Tool towards ameliorating the education system. BenchCouncil Transactions on Benchmarks, Standards and Evaluations, 3(2). https://doi.org/10.1016/j.tbench.2023.100115

Kennedy, P. S. J. (2023). Digitalisasi pendidikan: artificial iintelligence di pendidikan tinggi. Prosiding Nasional 2023, 205–215.

Kharis, S. A. A., & Zili, A. H. A. (2024). ChatGPT sebagai alat pendukung pembelajaran: tantangan dan peluang pembelajaran abad 21. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(2), 206–214.

Khoiriyah, & Puspasari, D. (2021). Penerapan metode pembelajaran drill melalui typing master untuk meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Edukasi, 8(1), 6. https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23967

Manik, E., Marbun, Y., Simanjuntak, R. A. B., & Simartama, R. J. (2023). Video youtube dalam proses pembelajaran dengan chatGPT. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1349–1358.

Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat. (2023). Penggunaan Chatgpt dalam tinjauan pendidikan berdasarkan perspektif etika akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090

Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Junus, J. S. L. (2023). Implementasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862–26869.

Misnawati. (2023). ChatGPT: keuntungan, risiko, dan penggunaan bijak dalam era kecerdasan buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221

Nita, S., Sari, E. R. N., & Aldida, J. D. (2023). Implementasi ChatGPT-openai sebagai inovasi media pembelajaran berbasis artificial intelligence bagi tenaga pendidik di era society 5.0. Seminar Nasional Amikom Surakatra (SEMNASA) , November, 69–80.

Pontjowulan H.I.A. (2023). Implementasi penggunaan media chatgpt dalam pembelajaran era digital. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8.

Putriani, J. D., & Hudaidah. (2021). Penerapan pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Rachbini, W., Evi, T., & Suyanto. (2023). Pengenalan Chat GPT tips dan trik bagi pemula (1 ed.). CV. AA. Rizky.

Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 1–7. https://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/744

Ratnawati, O. A., Artuti, E., & Pancarita, P. (2023). Proses berpikir tingkat tinggi mahasiswa menggunakan kerangka kerja teori mason berbantuan ChatGPT pada analisis real II. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 61–68. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1814

Rubini, & Herwinsyah. (2023). Penerapan artificial intelligence pada pembelajaran pendidikan agama islam Al-Manar. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 12(2), 79–89. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/611

Sahabudin, A. (2023). ChatGPT: sebuah transformasi cara belajar mahasiswa studi kasus : mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal e-bussiness Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63

Sakti, E. M. S., Indrawati, E., Tatiyani, Effendi, U., Nurhadianti, R. D. D., Syukriah, D., & Herdajani, F. (2023). Membangun motivasi siswa dengan literasi digital menggunakan ChatGPT. Media Abdimas, 2(3), 52–56. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v2i3.3483

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk pendidikan di era education 4.0: usulan inovasi meningkatkan keterampilan menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Setiawan, D., Dewi, K. E. A., & Janty, S. I. (2023). Peran Chat Gpt ( Generative Pre-Training Transformer ) dalam implementasi ditinjau dari dataset. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 9527–9539.

Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan teknologi Chat GPT dalam pembelajaran bahasa indonesia di era digital pada mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. JURNAL TUAH : Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1–10.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi penggunaan ChatGPT dalam penulisan artikel pendidikan matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research (PJMSR), 1(2), 54–68. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.255

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul berbasis flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.