Pengaruh praktik kerja lapangan dan keterampilan pengoperasian microsoft word terhadap kesiapan kerja siswa

Leony Anggristia Nuraini

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa, (2) pengaruh keterampilan pengoperasian microsoft word terhadap kesiapan kerja siswa, (3) pengaruh pengalaman praktik kerja lapangan dan keterampilan pengoperasian microsoft word terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas XII OTKP SMK Wikarya Karanganyar. Pengumpulan data dilakukan dengan angket penelitian, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu thitung(2,94) > ttabel(2,03) dengan nilai Sig. (0,00) < (0,05), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan pengoperasian Microsoft Word terhadap kesiapan kerja dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu thitung  (5,86) > ttabel  (2,03) dengan nilai Sig. (0,00) < (0,05), (3) terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) pengalaman praktik kerja lapangan dan keterampilan pengoperasian Microsoft Word terhadap kesiapan kerja siswa Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji F yaitu Fhitung (146,77)>Ftabel (3,29) dengan nilai Sig. (0,00) < (0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sumbangan efektif atau besaran kontribusi dari kedua variabel bebas yaitu pengalaman praktik kerja lapangan dan keterampilan pengoperasian Microsoft Word yaitu sebesar 0,904 atau 90,4%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 9,6% (100% - 90,4%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : efektivitas pelatihan; pengembangan keterampilan; persiapan karir

 

Abstract: This study aims to determine: (1) the influence of field work practice experience on students' work readiness of SMK Wikarya Karanganyar, (2) the influence of   operating skills on students' work readiness, and (3) the simultaneous influence of field work practice experience and Microsoft Word operating skills on students' work readiness. This is a quantitative study employing a causal-comparative method. The sampling technique used is non-probability sampling, with a sample of 34 12th grade OTKP students from SMK Wikarya Karanganyar. Data collection was conducted through research questionnaires, documentation, and observation. Data analysis techniques used include multiple linear regression analysis. The results of the study indicate that: (1) there is a positive and significant influence of field work practice experience on work readiness, as evidenced by the t-test result where t_calculated (2.94) > t_table (2.03) with a Sig. value (0.00) < (0.05), (2) there is a positive and significant influence of Microsoft Word operating skills on work readiness, as evidenced by the t-test result where t_calculated (5.86) > t_table 2.03) with a Sig. value (0.00) < (0.05), (3) there is a simultaneous influence of field work practice experience and Microsoft Word operating skills on students' work readiness, as evidenced by the F-test result where F_calculated (146.77) > F_table (3.29) with a Sig. value (0.00) < (0.05). The results of this study show that the effective contribution of the two independent variables, field work practice experience and Microsoft Word operating skills, is 0.904 or 90.4%. The remaining 9.6% (100% - 90.4%) is influenced by other factors not examined in this study.

 

Keywords : career preparation; skills development; training effectiveness

Keywords

efektivitas pelatihan; pengembangan keterampilan; persiapan karir; career preparation; skills development; training effectiveness

Full Text:

PDF

References

Asmarayani, E., Rusmono, & Rahmayanti, H. (2020). Evaluasi program pelaksanaan praktik kerja lapangan program keahlian teknik furnitur pada SMK Negeri di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 3(2), 101–120.

Candra, A. D., Aji, D. P., Fathurrahman, Khakim, H. A., Al Makassari, H. U., Syukur, & Ratama, N. (2023). Pemanfaatan aplikasi microsoft office word sebagai upaya peningkatan skill di SMK Assaadah. Abdi Jurnal Publikasi, 1(6), 529–533.

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skills and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a

Dewi, K. R., & Korompis, F. L. S. (2023). Pemanfaatan media digital dalam proses pembelajaran di kelas X Smk Negeri 1 Busungbiu. Journal of Learning and Technology, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5842

Falah, N., & Marlena, N. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6453

Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756

Khoiroh, M., & Prajanti, S. D. W. (2018). Pengaruh motivasi kerja, praktik kerja industri, penguasaan soft skill, dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1010–1024. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28336

Novita, D. I., & Armida, A. (2022). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Jurnal Ecogen, 5(1), 70. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12759

Sabilah, J., Nurfandi Riyanti, S., & Saputra, N. (2021). Kesiapan kerja generasi milenial di DKI Jakarta raya: pengaruh kecerdasan emosional dan keterampilan Ddgital. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 225–242. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.379

Soleh, A. A., Triyanto, T., Parno, P., Suharno, S., & Estriyanto, Y. (2023). Tinjauan pustaka sistematis: model kemitraan antara SMK dengan dunia usaha dan dunia industri. Jiptek, 16(2), 126. https://doi.org/10.20961/jiptek.v16i2.72697

Tentama, F., & Riskiyana, E. R. (2020). The role of social support and self-regulation on work readiness among students in vocational high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 826–832. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20578

Teruna, D., & Ardiansyah, T. (2022). Analisis penjualan produk online UMKM melalui marketplace dan e-commerce dengan pendekatan binary logistic regression-SA 4.0 license (Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 2022–2204. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Wahyuningsih, I., & Yulianto, A. (2020). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan praktik kerja industri melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 532–551. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39430

Zebua, Y. (2021). Kesiapan pelaksanaan praktik kerja industri program studi pendidikan teknik bangunan Ikip Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 216–220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2144

Zulkaidah, Nasrullah, M., & Salam, R. (2019). Persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktik kerja lapangan pada kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Makassar. Jurnal Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS UNM, 3.(2), 116-120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.