Pengaruh variasi produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di Outlet Minuman Find Me Yogyakarta

Anindhita Saraswati, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Tri Murwaningsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh variasi produk terhadap kepuasan pelanggan outlet minuman Find Me Yogyakarta, (2) pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan outlet minuman Find Me Yogyakarta, dan (3) pengaruh variasi produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan outlet minuman Find Me Yogyakarta. Penelitian ini merupakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian produk Find Me Yogyakarta. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin diketahui sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Diolah menggunakan IBM SPSS versi 29. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variasi produk terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil thitung 7,032 > ttabel 1,985, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap kepuasna pelanggan dengan hasil thitung 3,283 > ttabel 1,985 dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan variasi produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil Fhitung 129,284 > Ftabel 3,09. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen X1 dan X2 terhadap variabel dependen (Y) adalah sebesar 72,7% dan sebesar 27,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : kuantitatif; kuesioner; regresi linear berganda


Abstract: This research aims to find out: (1) the influence of product variation on customer satisfaction of Find Me Yogyakarta drink outlets, (2) the influence of promotions on the customer satisfactions of Find me Yogyakarta, and (3) the influence of product and promotional variations on customer satisfying of FindMe Yogyakarta beverage outlets. The population in this study is a customer who purchased Find Me Yogyakarta products. Sampling using the Slovene formula is known as many as 100 respondents. Data collection techniques using questionnaires. Sampling techniques using accidental sampling. Data analysis techniques use double linear regression analysis and are processed using IBM SPSS version 29. The prerequisite tests used are normality tests, linearity tests, and multicollinearity testing. The results of the research show that: (1) there is a positive and significant influence of product variation on customer satisfaction with a score of 7,032 > tables 1,985, (2) there is positive and meaningful effect of promotion on customer satisfying with the score of 3,283 > tables 1,985 and (3) there is an simultaneous and significant effect of product and promotion variations on customer content with the result of Fcomputing 129,284 > Tables 3,09. The results of this study showed that the influence of independent variables X1 and X2 on the dependent variable (Y) was 72.7% and the remaining 27.3% was influenced by other variables not included in this study.

 

Keywords : double linear regression; quantitative; questionnaire

Keywords

kuantitatif; kuesioner; regresi linear berganda; double linear regression; quantitative; questionnaire

Full Text:

PDF

References

Butarbutar, M., Efendi, E., Simatupang, S., Butarbutar, N., & Sinurat, D. N. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Pininta Coffee Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 7(2), 200–207. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.395

Dewi, N. K. T. U., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2022). Pengaruh lokasi dan servicescape terhadap kepuasan konsumen di Hotel Bintang Bali Resort. Jurnal Emas, 3(7), 220.

Ernawati, A. S., & Sutopo. (2021). Pengaruh variasi produk, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Ramai Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 27(1), 17–32. https://ejournals.stiedharmaputrasmg.ac.id/index.php/EMA/article/view/14

Faradisa, I., H, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis pengaruh variasi produk, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen pada Indonesian Coffee Shop Semarang (Icos Cafe). Journal of Management, 2(2), 1–13. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/517/503

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh kualitas produk, display layout, dan variasi produk terhadap kepuasan konsumen. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149–159. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1081

Hermawati. (2018). Pengaruh kompetensi pegawai, kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Upt Pendapatan Wilayah Makassar 01 Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Mirai Management, 3(1), 78–91.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Murni, R. A., & Widodo, D. E. (2022). Pengaruh variasi produk , harga , dan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada Minimarket Taqwa Mulia. Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Email : renianitamurni25@gmail.com Abstrak Berdasarkan. 2(3), 584–592. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/diversifikasi/article/view/1207

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, keragaman produk, dan promosi e-commerce terhadap kepuasan konsumen Shopee. 1(1), 27–39.

Prayuga, R. N., & Halim, P. A. (2024). Pengaruh keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Kedai Kopi 372 Cimahi. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 3409–3421. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.925

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.

Sisca, S., Wijaya, A., Chandra, E., & Mailoli, J. (2022). Pengaruh variasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Family: Harga Sebagai Pemoderasi. Maker: Jurnal Manajemen, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.466

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168–172. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i2.244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.