Pengaruh tingkat pendidikan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan

Wiji Rahayu Azzahro, Anton Subarno

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan, (2) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, dan (3) pengaruh tingkat pendidikan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Populasi dalam penelitian ini yakni 44 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi logistik multinomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan (sign 0,098), (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (sign 0,006), dan (3) terdapat pengaruh secara simultan tingkat pendidikan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (sign 0,012). Koefisien determinasi Nagelkerke R Square sebesar 0,529 yang berarti bahwa 52,9% kinerja karyawan (Y) dipengaruhi oleh variabel tingkat pendidikan (X1) dan disiplin kerja (X2), dan sisanya sebanyak 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

 

Kata kunci : efektivitas kerja; faktor kinerja; latar pendidikan; regresi logistik


Abstract: This study aims to determine: (1) the influence of education level on employee performance, (2) the influence of work discipline on employee performance, and (3) the simultaneous influence of education level and work discipline on employee performance. This is a quantitative study with a causal associative design. The data source used is primary data. The population in this study consists of 44 individuals. The sampling technique used is non probability sampling, specifically saturated sampling. Data collection was conducted through the distribution of questionnaire surveys. The data analysis technique used is multinomial logistic regression. The results of the study indicate that: (1) there is no significant influence of education level on employee performance (sign 0,098), (2) there is a significant influence of work discipline on employee performance (sign 0,006), and (3) there is a simultaneous (sign 0,012). The Nagelkerke R Square coefficient is 0,529, which means that 52,9% of employee performance (Y) is influenced by the variables of education level (X1) and work discipline (X2), while the remaining 47,1% is influenced by other variables outside of the study.

 

Keywords : educational background; logistic regression; performance factors; work effectiveness

Keywords

efektivitas kerja; faktor kinerja; latar pendidikan; regresi logistik; educational background; logistic regression; performance factors; work effectiveness

Full Text:

PDF

References

Dagnew, G.G., & Elantheraiyan. (2023). A study on the effect of training on employee performance in the case of Mekelle City, Tigray, Ethiopia. Social Sciences and Humanities Open, 8(1), 1-11. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100567

Dewi, E. K., & Purwatiningsih. (2021). Pengaruh jenjang pendidikan dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal Akuntansi Barelang, 5(2), 30-48.

Ekhsan, M. (2019). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(1), 1-13.

Fithriyana, I., Maria, S., & Hidayati, T. (2022). The relationship between employee satisfaction and employee performance mediated by employee engagement. Frontiers in Business and Economics, 1(3), 147-153. https://doi.org/10.56225/finbe.v1i3.120

Fitriati, N., & Situmorang, N. Z. (2015). Perbedaan minat melanjutkan studi ditinjau dari tingkat pendapatan keluarga, jurusan dan tingkat pendidikan orangtua pada siswa SMKN 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.31219/Osf.Io/Mjhez

Hartono, A. T., & Khasanah, N. (2020). Pengaruh rekrutmen, disiplin kerja dan tingkat pendidikan terhadap kinerja Kepala Urusan (Kaur) di Desa se-Kecamatan Puring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(6), 874-890. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.633

Hustia, A. (2020). Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan WFO masa pandemi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 81-91. https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2929

Ihsanuddin, Meirinaldi, & Hasibuan, M. (2022). Pengaruh tingkat pendidikan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada dinas sosial pemerintah Kota Padangsidimpuan. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(6), 1329-1340. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i6.1573

Mandang, E. F., Lumanauw, B., & Walangitan, M. D. B. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Rakyat Indonesia (persero), TBK Cabang Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 4324-4335.

Mangkunegara, A. P., & Waris, A. (2015). Effect of training, competence and discipline on employee performance in company (Case study in PT. Asuransi Bangun Askrida). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 1240-1251. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.165

Na, K. (2021). The effect of on-the-job training and education level of employees on innovation in emerging markets. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 1-20. https://doi.org/10.3390/joitmc7010047

Nurjaya, Sunarsi D., Effendy, A. A., Teriyan, A., & Gunatrin. (2021). Pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada dinas kehutanan dan perkebunan Kota Bogor. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(2), 172-184.

Purnomo, D. (2018). Uji validitas dan reliabilitas step test sebagai alat ukur keseimbangan pada lansia. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi (JFR), 2(2), 53-70.

Rosanti, E. D., & Halimah. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan PT Ipsos Jakarta Selatan. Journal of Economics and Business UBS, 11(1), 1-13.

Salsabil, M. D. I., Adam, M., & Chan, S. (2022). The impact of high work performance practices on hospital employee performance: the mediation moderation of employee engagement and employee extra role. International Journal of Management and Economics Invention, 8(07), 2487-2494. https://doi.org/10.47191/ijme/v8i7.01

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. CV Mandar Maju.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, R., & Pangesti, I. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kemiskinan di DKI Jakarta. Journal of Applied Business and Economic, 5(4), 340-350.

Tumanggor, B., & Girsang, R. M. (2021). Pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada UPT Badan Pendapatan Daerah Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekonomi, 3(1), 42-55.

Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238-245. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019

Wijayanto, A. B., & Hermanto, A. (2020). Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Astra International Daihatsu, TBK Cabang Narogong. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(2), 48-59. https://doi.org/10.35137/jei.v21i2.436

Yasin, S. N., Gunawan, Fattah, M. N., & Parenden A. (2021). The effect of work, education and training experience (training) and level of education on employee performance at the soppeng district education office. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1), 17-28.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.