Archive structuring strategies to improve work effectiveness at Junior High School NU Al-Itqon Cimerak

Hade Yustika Prayoga, Sahmidin Sahmidin

Abstract

Abstrak:  Penataan arsip yang efektif memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja kantor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penataan arsip guna meningkatkan efektivitas kegiatan kantor di SMP NU Al-Itqon Cimerak. Metode penelitian meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk memahami proses penyimpanan dan pengelolaan arsip di SMP NU Al-Itqon Cimerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP NU Al-Itqon Cimerak menghadapi tantangan terkait kurangnya sistematisasi dan pengelolaan arsip yang optimal, menyebabkan sulitnya informasi dalam pencarian dan pemanfaatan yang diperlukan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan menganalisis strategi penataan ini, diharapkan efektivitas kegiatan kantor dapat meningkat, proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, dan risiko kehilangan informasi dapat diminimalkan. Temuan penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi SMP NU Al-Itqon Cimerak dan institusi sejenis dalam meningkatkan tata kelola arsip.

 

Kata kunci: efektivitas kantor; manajemen arsip; penataan arsip


Abstrak:  Penataan arsip yang efektif memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja kantor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penataan arsip untuk meningkatkan efektivitas kegiatan kantor di SMP NU Al-Itqon Cimerak. Metodologi penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk memahami proses penyimpanan dan pengelolaan arsip di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP NU Al-Itqon Cimerak menghadapi tantangan terkait dengan kurangnya sistematisasi dan pengelolaan arsip yang belum optimal, sehingga menimbulkan kesulitan dalam mencari dan memanfaatkan informasi yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. Dengan menganalisis strategi penataan arsip, diharapkan efektivitas kegiatan kantor dapat ditingkatkan, proses pengambilan keputusan dapat dipercepat, dan risiko kehilangan informasi dapat diminimalkan. Temuan penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi SMP NU Al-Itqon Cimerak dan lembaga sejenis dalam meningkatkan praktik pengelolaan arsip.

 

Kata Kunci: efisiensi kantor , manajemen arsip , organisasi kearsipan

Keywords

efektivitas kantor; manajemen arsip; penataan arsip; office efficiency; archive management; archive organization

Full Text:

PDF

References

Bramantya, AR (2020). Peran kearsipan pendidikan dalam menghidupkan arsip dan kehidupan sosial. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16 (1), 16-31. https://doi.org/10.22146/bip.v16i1.280

Diani, M., & Suwanto, SA (2018). Analisis sistem penyimpanan dalam temu kembali arsip inaktif izin mendirikan bangunan titipan organisasi perangkat daerah di dinas arsip dan perpustakaan kota semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7 (2), 221-230.

Gie, TL (2002). Analisis administrasi dan manajemen . Gramedia Pustaka Utama

Gie, TL (2009). Administrasi p kantor m odern . Kebebasan.

Jati, AB, Adi, T., Sidhi, P., & Samodra, JE (2021). Pembangunan sistem tanda tangan digital pada sistem informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Informatika Atma Jogja, 2 (2), 133-141.

Kharisma, A. (2012). Pengelolaan kearsipan pengurusan, pengendalian dan penataan arsip Kantor Camat. Tata Kelola, 1 (1).

Khasanah, AS (2018). Pengaruh pengelolaan arsip terhadap efisiensi kerja di sub bagian kepegawaian RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 2 (1), 1-6. https://doi.org/10.37339/e-bis.v2i1.79

Maryani., Fidayah, DH, Yanti, RF, & Hasanah, H. (2024). Pengarsipan dokumen cif dan spesimen tanda tangan data nasabah untuk meminimalisir risiko broker rekening nasabah di Bank Woori Saudara KC Jember. Jurnal Masyarakat Sosial Indonesia (JISS), 2 (1), 22-27. https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.216

Mawarni, DP, & Prasetyawan, YY (2018). Pengelolaan arsip dinamis aktif di kantor perpustakaan Arsip Daerah Kabupaten Kendal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7 (2), 211-220.

Natsir, M. (2017). Pengembangan prototipe sistem kriptografi untuk enkripsi dan dekripsi data kantor menggunakan metode blowfish dengan bahasa pemrograman java . Jurnal, 6 , 87-106.

Pratiwi, T. (2017). Konsep pengelolaan arsip elektronik. Al-Maktabah : Jurnal Ilmu Dan Perpustakaan, 2 (2).

Rachman, RM, Santoso, B., & Muhidin, SA (2023). Efektivitas sosialisasi kearsipan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip di Sekolah Tinggi Desain Indonesia. ABDI PUSTAKA : Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 3 (1), 8-15. https://doi.org/10.24821/jap.v3i1.7350

Tantowi, L., & Wijayanti, L. (2023). Peluang dan tantangan penyimpanan cloud storage pada dokumen digital. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 15 (1), 118-131. https://doi.org/10.37108/shaut.v15i1.803

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (metode campuran). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1), 2896-2910.

Wirawanty, F. (2018). Tata kelola penyimpanan arsip dalam upaya meningkatkan efisiensi penemuan kembali arsip di kantor perpustakaan umum dan arsip Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 (2), 1-16.

Yanti, RD (2020). Implementasi penyimpanan arsip aktif dengan sistem subjek di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Washatan Pesantren Teknologi Riau [Disertasi Doktoral ]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.