Pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) FKIP UNS tahun 2022

Oktavia Dwi Rahayu Pratiwi, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi PLP FKIP UNS Tahun 2022, (2) mendeskripsikan strategi pelaksanaan PLP FKIP UNS 2022, (3) mengidentifikasi pengaruh faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan PLP FKIP UNS Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi. Hasil penelitian diperoleh: (1) Implementasi pelaksanaan PLP meliputi serangkaian kegiatan, yaitu: Workshop panduan PLP, Semiloka Persiapan, Pembekalan Mahasiswa, Pelaksanaan PLP, dan Evaluasi, (2) Strategi dalam pelaksanaan PLP adalah berupaya bersama-sama bersinergi, berkolaborasi, dan menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh komponen yang terlibat, (3) Faktor internal yang menghambat yaitu: kemampuan adaptasi mahasiswa dengan lingkungan sekolah, kesiapan mahasiswa mempersiapkan materi dan menghadapi dinamika kelas, keseriusan dalam membawa terobosan baru, manajemen waktu, dan kurangnya koordinasi antar komponen. Faktor eksternal yang menghambat yaitu: lingkungan sekolah dan fasilitas belajar kurang memadai, variasi karakteristik peserta didik, pihak sekolah mitra menolak mahasiswa PLP, jadwal kegiatan berbenturan.  

Kata kunci: implementasi; magang kependidikan; strategi

Abstract: This study aims to: (1) describe the implementation of PLP FKIP UNS in 2022 (2) describe the implementation strategy of PLP FKIP UNS in 2022, (3) identify factors that interfere in PLP 2022. This research used a descriptive qualitative approach. Data sources used were informants, places and events, and documents. The sampling technique used purposive and snowball sampling . Data collection techniques used were observation, interviews, and document analysis. Data validity test technique in this research is source triangulation . Data were analyzed using interactive data analysis techniques of Miles and Huberman models with data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. The results of the study obtained: (1) The implementation of the execution of PLP includes a series of activities, namely: Workshop on PLP guidelines, Preparation Workshop, Student Debriefing, PLP Implementation, and Evaluation, (2) The strategy in implementing PLP is to try to work together in synergy, collaborate, and establish good communication with all components involved, (3) Internal factors that interfere are: student adaptability to the school environment, student readiness to prepare material and face class dynamics, seriousness in bringing new breakthroughs, time management, and lack of coordination between components. External factors that interfere are: inadequate school environment and learning facilities, variations in student characteristics, partner schools rejecting PLP students, clash activity schedules.

Keywords: implementation; educational internship; stategy

Keywords

implementasi; magang kependidikan; srategi; implementation; educational internship; stategy

Full Text:

PDF

References

Aayn, S. L., & Listiyadi, A. (2022). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan, persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5 (2), 132-140.

Alma, B. (2010). Guru profesional: menguasai metode dan terampil mengajar. Alfabeta.

Aprilita, A., & Trisnawati, N. (2022). Pengaruh efikasi diri, kecerdasan emosional dan pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan berkarir menjadi guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 5494-5502.

Cheung, A. K., Wong, K. L., Wang, H. F., & Dai, J. B. (2022). Effect of a student teaching internship program on the self-efficacy of pre-service teachers in rural China. International Journal of Educational Management, 37 (2), 373-392.

Hardianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional terhadap kinerja pengenalan lapangan persekolahan mahasiswa pendidikan akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9 (1), 95-103.

Hidayat, R. K., Markus, M., & Darmawan, M. I. (2021). Pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) FKIP Universitas Mataram Bidang Studi Pendidikan Fisika di MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3 (1), 6-14.

Imjani, N., Aujirapongpan, S., & Yaacob, Z. (2024). Impact of logical thinking skills and digital literacy on Thailand's generation Z accounting student's internship effectiveness: Role of Self-learning capability. International Jurnal of Educational Research Open, 1-14.

Kartikawati, S. (2022). Pengenalan lapangan persekolahan . CV. AE Media Grafika.

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), minat mengajar, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6), 3946-3953.

Laila, B., Laila, R. D., & Zai, E. P. (2021). Sosialisasi pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan I tahun ajaran 2020/2021. Kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 2 (1), 1-20.

Luqman, R. M., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan konsep diri terhadap minat menjadi guru. JOEAI (Jurnal of Education and Instruction), 5 (2), 370-381.

Mardiyono. (2012). Menjadi guru yang profesional (M. Usman (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, b. I. (2021). Analisis pelaksanaan mata kuliah pengenalan lapangan persekolahan (PLP) secara daring berdasarkan experiential learning theory. Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21 (2), 173-192.

Ramani, R. S., & McHugh, P. P. (2024). Cultural influences on internship development value and job pursuit intention: An exploratory comparison of student experiences in France and the United States. The International Jurnal of Management Education, 1-14.

Sadikin, A., & Siburian, J. (2019). Analisis Pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi. Bioeduscience: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3 (2), 90-99.

Tuti, S. L., & Anasrulloh, M. (2022). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru melalui self-efficacy sebagai variabel intervening. Economina, 1 (2), 228-238.

UP2KT. (2021). Panduan pengenalan lapangan persekolahan (PLP). UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.