Pengaruh media audio visual dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Batik 2 Surakarta
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh media audio visual dan media konvensional terhadap hasil belajar; (2) pengaruh disiplin belajar tinggi dan disiplin belajar rendah terhadap hasil belajar; (3) interaksi antara media audio visual dan media konvensional dengan disiplin belajar tinggi dan disiplin belajar rendah terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB sebanyak 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan 46 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dengan uji prasyarat analisis yaitu : uji normalitas, uji homogenitas. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh media audio visual dan media konvensional terhadap hasil belajar dengan hasilFhitung 10,060 > Ftabel 3,214; (2) terdapat pengaruh disiplin belajar tinggi dan disiplin belajar rendah terhadap hasil belajar siswa dengan hasil Fhitung 5,796 > Ftabel 3,214; (3) tidak terdapat interaksi antara media audio visual dan media konvensional dengan disiplin belajar tinggi dan disiplin belajar rendah dalam menentukan hasil belajar dengan hasil Fhitung 0,276 < Ftabel 3,214.
Kata kunci : disiplin belajar; hasil belajar; kuantitatif; media audio visual
Abstract: The purpose of this research is to determine: (1) the influence of audio-visual media and conventional media on learning outcomes; (2) the influence of high study discipline and low study discipline on learning outcomes; (3) the interaction between audio-visual media and conventional media with high study discipline and low study discipline on learning outcomes. This research uses a quantitative experimental method with a posttest-only control design. The population of this study is 46 students of class XI MPLB. The sampling technique used saturated sampling with 46 students as samples. Data collection methods using questionnaires. Data analysis using two-way analysis of variance with prerequisite tests namely: normality test, homogeneity test. The results of the study are as follows: (1) there is an influence of audio-visual media and conventional media on learning outcomes with a result of F-count 10.060 > F-table 3,214; (2) there is an influence of high study discipline and low study discipline on learning outcomes with a result of F-count 5.796 > F-table 3,214; (3) there is no interaction between audio-visual media and conventional media with high study discipline and low study discipline in determining learning outcomes with a result of F-count 0.276 < F-table 3,214.
Keywords : audiovisual media; learning discipline; learning outcomes; quantitative
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, S., & Firmansyah, F. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Kesempatan Kerja Terhadap Pengangguran di Provinsi Banten. Jurnal Ekonomi-Qu, 7(2), 91–99. https://doi.org/10.35448/jequ.v7i2.4978.
Aufi, K., & Irianto, A. (2023). Pengaruh Hasil Belajar dan Soft Skills terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Ecogen, 6(1), 82. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i1.14345.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758.
Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287.
Fatmawati, Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(1), 82–91. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v10i1.9748.
Hamdan, A. B. (2016). Studi Eksperimen Antara Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Strategi Pembelajaran Konvensional Berbasis Media ICT Terhadap Hasil Belajar Siswa. (Tesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus) Kudus, Indonesia. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/792.
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202.
Irwandi, I. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 25-44. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7144.
Irwani, T. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2), 171–179. https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.317.
Khairinal, Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 379–387. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.276.
Khumaero, L. Al, & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698–710. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627.
Mustofa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Selama Pandemi Covid-19 di MTs Al-Hamid Malang. (Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim) Malang, Indonesia.
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.
Oknaryana, O., Oktaviani, V., & Kurniawan, H. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Aplikasi Quizizz dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Ecogen, 6(2), 290. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14708.
Oviyanti, F., Syarifah, & Weliyani, V. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP 1 Patra Mandiri Plaju. Konstruktivisme, 10(2), 193–203. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i2.513.
Pinggi, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambaloka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 146–167.
Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 257–266. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1193.
Prasetya, A. I., Cahyo, A. D., & Maula, A. (2018). Metode dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen Seleksi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 90–107. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4952.
Putri, A. A., & Dewi, R. M. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu dan Efikasi Diri pada Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMAN 1 Sidoarjo. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 214–225. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5635.
Putri, K. P., Hendrowati, T. Y., & Istiani, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JURNAL e-DuMath, 6(2), 73–82. https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1286.
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188-202.
Rahayu, W. D., Hendriana, H., & Fatimah, S. (2020). Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau dari Faktor-Faktor yang Melatarbelakanginya. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(3), 99. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.5253.
Rois, I. N. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kulon Progo. Arabia, 14(1), 83. https://doi.org/10.21043/arabia.v14i1.13894.
Sa’diah, Y. F., & Wati, T. L. (2023). Pengaruh media Audiovisual Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran IPS Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5323–5333. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9916.
Safna, O. P., & Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(2), 140–154. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1458.
Sardiyanah, S. (2020). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(1), 123–144. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187.
Septiandi, W., Guntur, M., Sungkawa, G., & Syamsul Taufik, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Shooting Kaki Bagian Dalam Melalui Audio-Visual Kepada Siswa X SMK PGRI 3. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 9(1), 1–7. https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo.
Setiyawan, I. (2013). Pengaruh Prestasi Belajar Kejuruan dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin FT Universitas Negeri Yogyakarta, 7(2), 107–115.
Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Diambil 26 September 2023, dari https://www.mkri.id/public/content/infoumum/regulation/pdf/UUD45%20ASLI.pdf.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Indonesia (2003).
Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1), 63–72. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066.
Windasari, T. S., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11241.
Yenni, S., & Marlina, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sel Kelas XI MIA SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27915.
Refbacks
- There are currently no refbacks.