Peran humas dalam menjalin kemitraan dengan DUDI di SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Kabupaten Cilacap

Windhi Kurniasih, Cicilya Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran humas dalam menjalin kemitraan dengan DUDI di SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, (2) mengetahui kendala yang dihadapi humas dalam menjalin kemitraan dengan DUDI, dan (3) mengetahui upaya yang dilakukan oleh humas untuk mengatasi kendala dalam menjalin kemitraan dengan DUDI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode dan dianalisis menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian diperoleh: (1) Humas menjalankan peranannya sebagai communicator, relationship, back-up management dan good image maker dalam menjalin kemitraan dengan DUDI, (2) kendala dalam menjalin kemitraan dengan DUDI yaitu tidak adanya penyusunan perencanaan yang sistematis dan kurangnya evaluasi kemitraan serta kendala waktu, (3) upaya yang dilakukan guna mengatasi kendala tersebut yaitu membuat sistem perencanaan program kemitraan yang sistematis dan rutin melakukan evaluasi pelaksanaan kemitraan serta mengatur agenda dan jadwal kunjung dengan DUDI.      

 

Kata kunci: DUDI; hubungan masyarakat; sekolah menengah kejuruan (SMK)


Abstract: The purpose of this study were: (1) to know the role of public relations in establishing partnerships with DUDI at SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, (2) knowing the obstacles experienced by public relations in establishing partnerships with DUDI, and (3) knowing the solutions made by public relations to overcome obstacles in establishing partnerships with DUDI. This research used to qualitative research method with a case study approach. The data sources are informant, place and events, and documents. The sampling technique used purposive sampling  and snowball sampling. The data collection techniques are in dept interview, observations, and document analysis. The data validity test technique in this study is source triangulations and method triangulation. The results of the study obtained: (1) Public Relations performs its role as a communicator, relationship, back up management and good image maker in establishing partnerships with DUDI, (2) obstacles in establishing partnerships with DUDI, namely the absence of systematic planning, lack of effectiveness in evaluating partnerships and time constraints, (3) efforts made to overcome these obstacles are to create a systematic partnership program planning system, routinely evaluate the implementation of partnerships and set the agenda and schedule of visits with DUDI.


Keywords: DUDI; public relations;  vocational school

Keywords

DUDI; hubungan masyarakat; sekolah menengah kejuruan (SMK); DUDI; public relations; vocational school

Full Text:

PDF

References

Azizah, A.R.M., & Khairuddin. (2015). Strategi kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) dalam meningkatkan kompetensi lulusan pada SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2).

Dwiyanto, A. (2010). Manajemen pelayan publik peduli, inklusif dan kolaboratif. Gadjah Mada University Press.

Emir, O. (2013). The effect of training on vocational high school students in their professional development. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2724-2738.

Greener, T. (2011). Practical public relation. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri (kajian aspek pengelolaan pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1).

Kriyantono, R. (2012). Public relation & crisis management. Kencana Prenada Media.

Lestari, B., & Pardimin. (2019). Manajemen kemitraan sekolah dengan dunia usaha dan industri untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1).

Mulyono. (2020). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Munthe, F., & Mataputun, Y. (2021). Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(2), 312-319.

Nasution, Z. (2010). Manajemen humas di lembaga pendidikan konsep, fenomena dan aplikasinya. UMM Press.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suratman, B., & Wulandari, S. S. (2017). In public relations talents of PR. Salemba Humanika.

Tedjowati, S. R. (2009). Efektivitas program kemitraan dalam penyaluran kerja bagi penyandang cacat (studi evaluasi implementasi program kemitraan yang dilaksanakan di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Tesis tidak dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret.

Widjaja, H. (2008). Komunikasi dan hubungan Masyarakat. In Komunikasi. Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.