Pengaruh media audio visual dan kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi digital siswa SMKN 1 Sukoharjo
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) media audio visual terhadap kemampuan literasi digital, (2) kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi digital, (3) media audio visual dan kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah populasi sebanyak 1.076 dan 90 siswa diambil sebagai sampel. Sampel diambil menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner yang menggunakan skala likert 1-4. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media audio visual terhadap kemampuan literasi digital siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05 dan nilai thitung 3,417>ttabel1,9761 (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi digital siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,190 >ttabel 1,9761 (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media audio visual dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi digital siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo, yang menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 <0,05 dan nilai Fhitung 6,858>Ftabel 3,10.
Kata kunci: kecerdasan digital; kuantitatif; media multimedial; pembelajaran mandiri
Abstract: This research aims to determine the effect of (1) audio-visual media on digital literacy abilities, (2) learning independence on digital literacy abilities, (3) audio-visual media and learning independence on digital literacy abilities. This research is quantitative research with correlational methods. The total population was 1,076 and 90 students were taken as samples. Samples were taken using the proportionate stratified random sampling method. Research data was collected using a questionnaire using a 1-4 Likert. This research shows the results that (1) there is a positive and significant influence of audio-visual media on the digital literacy abilities of students at SMK Negeri 1 Sukoharjo, as evidenced by a significance value of 0.001<0.05 and a tcount value of 3.417>ttable1.9761 (2) there is a significant influence positive and significant independence of learning on the digital literacy skills of students at SMK Negeri 1 Sukoharjo, proven by a significance value of 0.000 <0.05 and a tcount value of 4.190 > ttable 1.9761 (3) there is a positive and significant influence of audio-visual media and independence of learning together -the same for the digital literacy abilities of students at SMK Negeri 1 Sukoharjo, which showed a significant value of 0.000 <0.05 and an Fcount value of 6.858>Ftable 3.10.
Keywords : audio visual media; digital literacy ability; independent learning; quantitative
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah,
N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag.
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 228-236.
Ayu, D. (2019). Hubungan antara literasi digital dan kemandirian belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 5 cilacap tahun ajaran 2018/2019 Universitas negeri semarang. Skripsi.
Belshaw, D. A. (2012). What is 'digital literacy'?: a pragmatic investigation.Doctoral dissertation, Durham University.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Panduan Bagi Orang TuaDan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP Dan SMA. PT Remaja Rosdakarya.
Halimatussakdiah, Suwandi, S., Sumarwati dan Nugraheni. (2023). Utilization of Literacy Workshop to Improve Reading Ability of Elementary School Students. International Journal of Instruction, 16 (1), 897-918.
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.
Hujair, A.H., & Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara. Hlm. 3.
Khoirunnisa,K., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di SMPN 18 Tangerang. Seminar Nasional Pendidikan MAtematika, 1, 182–190.
KIC & Kominfo. (2022). Status Literasi Digital Indonesian2021 Hasil Survei di 34 Provinsi. Jakarta: Kementrian Komunikasi dan Informatika.
Lathiif, Z. (2016). Hubungan Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kemandirian Belajar
Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Teknik Pengelasan. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 13(1).
McDougall, J., Readman, M., & Wilkinson, P. (2018). The uses of (digital) literacy. Learning, Media and Technology, 43(3), 263-279.
Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 24-30.
Prayekti, P., Budiman, M. H., & Budi, U. L. (2016). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa bidik misi masa registrasi 2016. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, (Ting) VIII, 143-154.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran.: Raja Grafindo.
Sudyana, D. K., & Surawati, N. M. (2021). Analisis penerapan literasi digital dalam menciptakan kemandirian belajar siswa hindu di masa pandemi covid 19. Widyanatya, 3(1), 1-6.
Sukri, M. (2021). Literasi digital sebagai media pembelajaran dalam perspektif pendidikan Islam.
Undergraduate Thesis.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.
Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis-jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis-jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.Refbacks
- There are currently no refbacks.