Pengaruh disiplin kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Desa Kendalrejo

Dewi Safitri, Hery Sawiji, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak :  Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kepala Desa Kendalrejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu warga Desa Kendalrejo yang berusia 17-50 tahun karena usia tersebut lebih sering mengunjungi Kantor Kepala Desa Kendalrejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling karena tidak semua sampel memiliki kriteria yang sesuai dengan fenomena yang diteliti. Sampel yang digunakan berjumlah 86 orang, diambil dari 15% populasi yang berjumlah 576 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan bantuan Program SPSS IBM. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kepala Desa Kendalrejo dengan nilai thitung (3,771) > ttabel (1,992) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kepala Desa Kendalrejo dengan nilai thitung (4,410) > ttabel (1,992) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan disiplin kerja dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kepala Desa Kendalrejo dengang nilai Fhitung 48,417 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.


Kata Kunci: disiplin kegiatan; kualitas layanan; pelayanan.


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kepala Desa Kendalrejo. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah warga Desa Kendalrejo yang berusia 17-50 tahun karena pada usia tersebut lebih sering mengunjungi Kantor Kepala Desa Kendalrejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena tidak semua sampel mempunyai kriteria yang sesuai dengan fenomena yang diteliti. Sampel yang digunakan sebanyak 86 orang, diambil dari 15% populasi yang berjumlah 576 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan Program IBM SPSS. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kepala Desa Kendalrejo dengan thitung (3,771) > ttabel (1,992) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kepala Desa Kendalrejo dengan thitung (4,410) > ttabel (1,992) dan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan (3) Terdapat pengaruh positif signifikan disiplin kerja dan kualitas pelayanan bersama terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Kendalrejo dengan nilai Fhitung sebesar 48,417 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi 0,000<0,05.


Kata Kunci: kepuasan masyarakat; melayani; disiplin kerja

Keywords

disiplin kegiatan; kualitas layanan; pelayanan; community satisfaction; service; work discipline

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . PT Rineka Cipta.

Irawan, H. (2016). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan . Elex Media Komputindo

Karlina, E., Rosanto, O., & Saputra, NE (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Jurnal Sekretaris dan Manajemen , 3 (1), 7-6.

Rezha, F., Rochmah, S., & Siswidiyanto. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik 1(5) 981-990.

Stevens, JL, Spaid, BI, Breazeale, M., & Jones, CLE (2018). Ketepatan waktu, transparansi, dan karat: Kerangka kerja untuk mengelola keluhan pelanggan online . Cakrawala Bisnis, 61(3), 375-384.

Vellayati & Dwihartanti (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik dan Disiplin Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran , 7(2), 146-154.

Zahro, S. & Mulyadi. (2018). Pengaruh Disiplin dan Layanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Muara Kulam Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara. Jurnal Manajemen , 4(2), 146-162.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.