Pemanfaatan website sekolah sebagai sarana promosi dan informasi humas di SMK Negeri 1 Wonogiri

Triana Febri Astuti, Anton Subarno, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemanfaatan website di SMK Negeri 1 Wonogiri sebagai media humas, (2) optimalisasi website sebagai media humas dalam penyampaian informasi, dan (3) kebijakan sekolah dalam penggunaan website sebagai media humas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) pemanfaatan website sebagai media humas sekolah yaitu sebagai media promosi sekolah untuk menunjukkan eksistensi sekolah dan membentuk citra positif di masyarakat. Selain itu, website juga dimanfaatkan sebagai media informasi yaitu sebagai sarana untuk menyampaikan informasi sekolah kepada masyarakat, (2) optimalisasi website sebagai media humas dalam penyampaian informasi yaitu dengan menggunakan sosial media sebagai sarana pendukung website dalam menyampaikan informasi sekolah, seperti instagram, youtube dan tiktok, dan (3) kebijakan sekolah dalam penggunaan website yaitu dengan membentuk tim pengelola website dan memberikan kebijakan penuh mengenai pengelolaan informasi website kepada tim pengelola website.


Kata kunci: humas; sosial media; website 


Abstract: This study aims to determine (1) the utilization of the website at SMK Negeri 1 Wonogiri as a public relations medium, (2) the optimization of the website as a public relations medium in conveying information, and (3) school policies in the use of the website as a public relations medium. This research is qualitative descriptive research with a case study approach. The research data comes from interviews with informants, places and events, and documents. The sampling technique is done by purposive sampling and snowball sampling. Data was collected using semi-structured interviews, observation, and document analysis. The validity test techniques used are data source triangulation and method triangulation. Data analysis using interactive analysis techniques. The results of this study are as follows: (1) Utilization of the website as a school public relations medium, namely as a school promotion medium, to show the school's existence and form a positive image in society. Besides that, the website is also used as an information medium, namely as a means to convey school information to the public., (2) optimizing the website as a public relations medium in conveying information by using social media as a supporting tool website in conveying school information, such as Instagram, YouTube, and Tiktok., and (3) school policy in use websites, namely by forming a management team website and providing a full policy regarding information management website to the management team website.


Keywords: public relations; social media; website

Keywords

humas; sosial media; website; public relations; social media; website

Full Text:

PDF

References

Apriananta, YJ, & Wijaya, LS (2018). Penggunaan website dan media sosial dalam membangun citra positif perguruan tinggi. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 7 (2), 187-209. https://doi.org/10.33508/jk.v7i2.1750 .

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2022). Laporan Profil Internet Indonesia dalam laporan Profil Internet Indonesia . https://survei.apjii.or.id .

Dakir, D. (2018). Manajemen kemanusiaan di lembaga pendidikan era global . K-Media.

Dalle, J., Karim, A., & Baharuddin. (2020). Pengantar informasi teknologi . Rajawali Pers.

Harminingtyas, R. (2014). Analisis layanan website sebagai media promosi, media transaksi dan media informasi dan pengaruhnya terhadap brand image perusahaan pada hotel Ciputra di Kota Semarang. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 6 (3), 37-57.

Himaturipa, R., & Abidin, YZ (2019). Pengelolaan website sebagai media informasi publik. Reputasi: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2 (2), 201-220. https://doi.org/10.15575/REPUTATION.V212.233 .

Juhji, F., Marantika, N., Gumilar, R., Palindih, L., & Apud, HM (2020). Manajemen humas sekolah (Vol.5) . Penerbit Widina.

Masse, PAK (2017). Internet dan penggunaannya (Survei di kalangan masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21 (1), 13-24. https://doi.org/10.31445/jskm.2017.210102 .

Ningtyas, DAK (2019). Keefektifan website sekolah dalam pemanfaatan sebagai sumber belajar . (Disertasi, Universitas Kristen Satya Kencana) Salatiga, Indonesia.

Paramita, LW (2013). Keefektifan website sekolah sebagai media informasi humas di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Hanata Widya, 2 (5).

Romadhona, A., & Rifqi, A. (2022). Peran media sosial dalam mendukung implementasi manajemen humas sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10 (3), 613-624.

Soemirat, S. (2017). Dasar-dasar hubungan masyarakat . Remaja Rosdakarya.

Utari, R. (2013). Website sebagai media humas sekolah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6 (2), 75-87. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4800 .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.