Pengaruh pembelajaran pkk dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII OTKP SMKN 1 Karanganyar
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) terhadap minat berwirausaha siswa; (2) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa; (3) pengaruh pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XII OTKP di SMK Negeri 1 Karanganyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sebanyak 71 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (thitung 2,404 > ttabel 1,99547); (2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (thitung 4,559 > ttabel 1,99547); (3) pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa (Fhitung 38,556 > Ftabel 3,13).
Kata kunci: efikasi diri; minat berwirausaha; pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan; PKK
Abstract: This research aims to find out: (1) the effect of learning creative product and entrepreneurship (PKK) to the students interest in entrepreneurship; (2) the effect of self-efficacy to the student's interest in entrepreneurship; (3) the effect of learning creative products and entrepreneurship (PKK) and self-efficacy to the student's interest in entrepreneurship. This research used a descriptive quantitative method. The population is all students of class XII OTKP. The sampling technique used saturation sampling with 71 students. Methods of data collection using questionnaires and document analysis. Analysis of the data used multiple linear regression analysis with prerequisite analysis tests, which are the normality test, linearity test, and multicollinearity test. The results of this research are as follows: (1) learning creative products and entrepreneurship (PKK) has a positive and significant effect on the student's interest in entrepreneurship (tcount 2,404 > ttabel 1,99547); (2) the effect of self-efficacy has a positive and significant effect to the student's interest in entrepreneurship (tcount 4,559 > ttabel 1,99547); (3) the effect of learning creative products and entrepreneurship (PKK) and self-efficacy has a positive and significant effect to the student's interest in entrepreneurship (Fcount 38,556> Ftabel 3,13).
Keywords: interest in entrepreneurship; learning of creative product and entrepreneurship; PKK; self efficacy
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. (2010). Psikologi Kepribadian. UMM Press.
Ambarwati, Y., & Suryani, N. (2014). Pengaruh Komunikasi Internal, Motivasi Kerja Dan Fasilitas Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Perangkat Desa Di Kecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 299-306.
Busro, M. (2017). Strategy Increasing Entrepreneurship Interest. International Research Journal of Business Studies, 10(3), 147–158. https://doi.org/10.21632/irjbs.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2014). Teori-Teori Psikolog. Ar-Ruzz Media.
Johnson, L. (2021, March 15). Advances in AI technology. Tech News Today.https://www.technewstoday.com/ai-advances
Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, Joko. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK Negeri 7 Jember (Studi Kasus Pada Kelas XII Program Keahlian Multimedia Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 14(2), 357-360.
Krisnaresanti, A., Julialevi, K., Naufalin, L., & Dinanti, A. (2020). Analysis of Entrepreneurship Education in Creating New Entrepreneurs. International Journal of Entrepreneurial Knowledge, 8(2), 67-76.
Nurchotim, Lukman Hidayatullah. (2012). Minat Berwirausaha Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Santoso, T. A., & Almadana, A. V. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK di Kota Semarang. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(1), 19-26.
Sudirman, N. R., Niswaty, R., & Darwis, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sinjai. Artikel Ilmiah. Universitas Negeri Makassar.
Thompson, E. R. (2009). Individual Enterpreneurial Intent: Construct Clarification and Development of an Internationally Reliable Metric. Enterpreneurship: Theory & Practice, 33(3): 669-694.
Utami, C. W. (2017). Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavior, Entrepreneurship Education and Self-efficacy toward Entrepreneurial Intention University Student in Indonesia. Volume XX, Issue 2A, 2017.
Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1(1), 1-15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.