Pengaruh minat menjadi guru dan sikap profesional keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui pengaruh pengaruh minat menjadi guru terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNS; 2) mengetahui pengaruh sikap profesional keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNS; dan 3) mengetahui pengaruh minat menjadi guru dan sikap profesional keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNS. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2019 yang berjumlah sebanyak 83 mahasiswa. Adapun analisis data Maret bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat menjadi guru terhadap kesiapan mengajar dibuktikan dengan nilai t hitung (2,956) > t tabel (1,990) dan nilai signifikansi 0,042 < 0,050. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sikap profesional keguruan terhadap kesiapan mengajar dibuktikan dengan nilai t hitung (2,081) > t tabel (1,990) dan nilai signifikansi 0,041 < 0,050. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat menjadi guru dan sikap profesional keguruan terhadap kesiapan mengajar dibuktikan dengan nilai Fhitung (4,791) > Ftabel (3,96) dan nilai signifikansi 0,011 < 0,050. Hasil penelitian juga Maret bahwa minat menjadi guru dan kesiapan mengajar dapat mempengaruhi kesiapan mengajar sebesar 10,7% sedangkan 89,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: antusiasme menjadi guru; ketangkasan mengajar; sikap sportif
Abstract: This study investigates the impact of interest in becoming a teacher and teacher professional attitudes on the readiness to teach Office Administration Education students at UNS. Employing quantitative techniques with correlational methods, the study includes all students from the Office Administration Education Study Program class of 2019 (n = 81). Key findings are as follows: (1) Interest in Becoming a teacher: There is a positive and significant influence on teaching readiness (t-count = 0.956, p < 0.05). (2) Teacher Professional Attitudes: Teacher professional attitudes also significantly affect teaching readiness (t-count = 2.081, p < 0.05). (3) Combined Influence: Considering both interest in becoming a teacher and professional attitude, there is a positive and significant impact on teaching readiness (F-count = 4.791, p < 0.05). Furthermore, the study reveals that interest in becoming a teacher and readiness to teach collectively contribute to 10.7% of teaching readiness, while the remaining 89.3% is influenced by other variables.
Keywords: enthusiasm to become a teacher; sportsmanship; teaching agility
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). PT. Rineka Cipta.
Jusoh, R. (2012). Effects of teachers’ readiness in teaching and learning of entrepreneurship education in primary schools. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(7), 98-102.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Neraca pendidikan daerah. Retrieved from https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=rekomendasiv2&indikator=7
Mulyasa. (2013). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Park, M. H., Dimitrov, D. M., Patterson, L. G., & Park, D. Y. (2017). Early childhood teachers’ beliefs about readiness for teaching science, technology, engineering, and mathematics. Journal of Early Childhood Research, 15(3), 275-291.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008. Guru. Depdiknas: Jakarta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, H. (2020). Profesi keguruan. Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) No. 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat (1).
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 1.
Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PLP), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100-114.