Pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di SMK Negeri 1 Sukoharjo

Meylani Dwi Utami, Tri Murwaningsih, Winarno Winarno

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap disiplin belajar siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa; (3) pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X dan XI jurusan MPLB di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 214 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah 140 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap disiplin belajar (thitung 2.016>ttabel 1.977) dengan signifikansi (0.046<0.05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap disiplin belajar (thitung 4.288>ttabel 1.977) dengan signifikansi (0.000<0.05) ; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar secara bersama-sama (Fhitung 72.589>Ftabel 3.06) dengan signifikansi (0.000<0.05).


Kata kunci: komunitas teman sebaya; minat belajar; tertib belajar


Abstract: This research aims to determine: (1) the influence of the peer environment on student learning discipline; (2) the influence of learning motivation on student learning discipline; (3) the influence of the peer environment and motivation to study together on student learning disciplineThe research method used is a quantitative approach with correlational methods. The population used is all students in class X and XI majoring in MPLB at SMK Negeri 1 Sukoharjo for the 2022/2023 academic year with a total of 214 students. Sampling used a proportionate stratified random sampling technique with a total of 140 students. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires and documentation. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques. The results showed that: (1) there was a positive and significant peer environment influence on learning discipline (tcount 2.016> ttable 1.977) with significance (0.046<0.05); (2) there is a positive and significant effect of learning motivation on learning discipline (tcount 4.288> ttable 1.977) with significance (0.000<0.05); (3) there is a positive and significant influence on the peer environment and motivation to learn together (tcount 72.589> ttable 3.06) with a significance (0.000<0.05).


Keywords: peer community; interest to learn; study orderly

Keywords

komunitas teman sebaya; minat belajar; tertib belajar; peer community; interest to learn; study orderly

Full Text:

PDF

References

AlKhumaero, L., & Arief, S. (2017). Pengaruh gaya mengajar guru, disiplin belajar, dan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710.

Amrizal, A. S., Aspin, A., & Arifyanto, A. T. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 77-86.

Anwaroti, I., & Humaisi, S. (2020). Meningkatkan disiplin belajar melalui konsep diri siswa. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 1(2), 115–126

Berangka, D. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua, budaya sekolah dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa SMP di lingkungan YPPK Distrik Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 6(1).

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37.

Gorbunovs, A., Kapenieks, A., & Cakula, S. (2016). Self-discipline as a Key Indicator to Improve Learning Outcomes in e-learning Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 231, 256–262. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.09.100

Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01–14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980

Mz, I., & Marhani, I. (2020). Dukungan teman sebaya dan pengaruhnya terhadap kedisiplinan siswa. Psycho Idea, 18(2), 197. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7103

Pratiwi, R. S., & Muhsin, M. (2018). Pengaruh tata tertib sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, dan minat belajar terhadap disiplin belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638-653.

Puspitasari, D. F. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur [Thesis]. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timut.

Saumadhani, A., & Surjanti, J. (2021). Analisis faktor konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar ekonomi. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 2649-2660.

Setyawati, S., & Subowo. (2018). Pengaruh motivasi belajar, lingkungan keluarga dan peran guru terhadap disiplin belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.

Sirait, A. Y., Muchtar, B., & Siwi, M. K. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap disiplin belajar siswa SMA N Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Di Bukittinggi. Jurnal Ecogen, 1(4). https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5662

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.

Uno, Hamzah B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara

Wulandari, D. (2022). Pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah dan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Purwantoro Tahun Pelajaran 2021/2022 [Thesis]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh motivasi, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa. Economic Education Journal, 6(2), 329-338.

Yuliana, R., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2023). Pengaruh kesadaran diri dan lingkungan teman sebaya terhadap kedisiplinan mahasiswa PAP FKIP UNS. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. 7(3),56-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.