Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi

Javier Rama Alfiantama, Patni Ninghardjanti, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Cikarang Utara; 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Cikarang Utara; dan 3) Pengaruh secara bersama-sama fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Jumlah populasi dari penelitian ini 107 dan jumlah sampel nya adalah 52, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji analisis regresi linear berganda, Uji F, dan Uji t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh dari fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji t 2.267 > 2.00958 atau H0 ditolak, H1 diterima; 2) Terdapat pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji t 2.197 > 2.00958 atau H0 ditolak, H2 diterima; 3) Terdapat pengaruh dari fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji F 39.318 > 3,18b atau H0 ditolak, H3 diterima. 

 

Keywords: keinginan belajar; perolehan belajar; sarana belajar

 

Abstract: This study uses quantitative research to know; 1) whether or not there is an influence of learning facilities on learning outcomes; 2) whether or not the influence of learning motivation on learning outcomes; 3) whether or not the influence of learning facilities and learning motivation on learning outcomes. This research was conducted at SMA Negeri 1 Cikarang Utara. The total population of this research is 107, and the total sample is 52. The sampling technique used was proportionate random sampling. Data collection techniques from this study used questionnaires, observation, and documentation. The data analysis techniques used in this study are multiple regression analysis, F test, and t-test. the results of this study are: 1) There is an influence of learning facilities on learning outcomes with the results of the t-test 2.267 > 2.00958 or H0 is rejected, H1 is accepted; 2) There is an influence of learning motivation on learning outcomes with the results of the t-test 2.197 > 2.00958 or H0 is rejected, H2 is accepted; 3) There is an influence of learning facilities and learning motivation on learning outcomes with the results of the F test 39,318> 3.18b or H0 is rejected, H3 is accepted.

  

Keywords: desire to learn; learning gains; learning tools

Keywords

keinginan belajar; perolehan belajar; sarana belajar; desire to learn; learning gains; learning tools

Full Text:

PDF

References

Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3).

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dewi, E., Johan, R. S., & Trisnawati, F. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1).

Hidayana, A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma, 11(1), 187-201

Priyatno, & Dwi. (2014). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Mediakom.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kharisma Putra Utama.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.